Ikan Asin Richa, Menu Pedamping untuk Nasi Subut dan Sate Ikan Pari: Ini Resepnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Nasi Subut sudah pas didampingi oleh sate ikan pari. Meski begitu, menu lain yang dianggap juga cocok untuk menemani sajian tersebut adalah kuliner khas lainnya yakni ikan asin richa.

Ya, ikan asin richa sejatinya juga kuliner khas Kalimantan Utara (Kaltara). Jadi, ketika menu ini dimakan bersamaan dengan nasi subut dan sate ikan pari tentu juga klop.

Apalagi, ikan asin richa memiliki rasa yang cenderung berbeda dengan nasi subut dan sate ikan pari. Nah dengan begitu, piring Anda pastinya akan kaya rasa.

Melansir keluyuran.com, Rabu (11/10/2023), kuliner khas ini juga kerap kali disebut dengan gami atau ikan asin pedas. Dan, bisa dikatakan menu ikan asin satu ini cukup unik dan jarang sekali ditemukan.

Biasanya ikan asin richa akan menjadi lauk pendamping ketika Anda menyantap nasi subut. Sementara nasi subut adalah kuliner uang sudah zaman nenek moyang bersanding dengan sate ikan pari.

Seperti diketahui, nasi subut tidak berwarna putih atau merah seperti nasi pada umumnya. Nasi subut berwarna ungu, terbuat dari beras, jagung, dan ubi jalar yang berwarna ungu.

Dengan cita rasa yang legit dan memiliki tekstur lembut, nasi subut biasa dinikmati dengan lauk khas lainnya yaitu sate ikan pari. Sate ikan pari juga termasuk makanan khas dari Kalimantan.

Meski berisi nasi dan ubi, nasi subut aman bagi pengidap penyakit gula darah. Makanan ini akan lebih terasa istimewa jika dimakan saat hangat.

Sebagai penutup, minuman yang disiapkan adalah minuman, susu hangat dicampur sari bawang hutan. Setelah minum susu ini dijamin badan anda terasa segar. Badan yang mulanya kurang fit bisa kembali fit lagi.

Nah, berikut resep dan cara membuat ikan asin richa seperti dilansir dapur-teh-enur.blogspot.com, Rabu (11/10/2023):

Bahan

  • 2 ekor ikan asin, cuci dan bersihkan
  • 5 siung bawang merah
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 10 lembar daun jeruk, iris halus
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam

Cara Membuat

  1. Haluskan cabai rawit, cabai merah keriting dan bawang merah, tumis dengan minyak panas hingga harum.
  2. Masukkan irisan daun jeruk, gula, garam dan kaldu bubuk. Campurkan seluruhnya hingga rata
  3. Masukkan ikan asin ke dalam wajan, aduk agar bumbu meresap. Masak hingga kering dan meresap.
  4. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

Demikian soal ikan asin richa. menu yang juga pas disandingkan dengan nasi subut dan sate ikan pari. Semoga bermanfaat. (Adelina)
[17.25, 11/10/2023] Cc Adel: Biasanya ikan asin richa akan menjadi lauk pendamping ketika menyantap Nasi Subut. (Foto: Instagram @bonnygunadi)
[17.25, 11/10/2023] Cc Adel: Tidak Sekadar PLTA, Waduk Riam Kanan Juga Destinasi Wisata Andalan

MEDAN, Insidepontianak.com - Tahun ini usia Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Waduk Riam Kanan mencapai 50 tahun. Seiring waktu,

Leave a comment