Pj Bupati Kayong Utara Romi Wijaya Buka Kegiatan Pentas Seni Pelajar 2023

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara Romi Wijaya, membuka kegiatan Pentas Seni Pelajar Tahun 2023, di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, Senin (9/10/2023).

Dikatakan Romi, kekayaan karya seni dan budaya yang tumbuh dan berkembang di masyarakat memiliki ciri khas, serta aneka ragam sebagai penanda identitas daerah masing-masing dan sebagai cerminan dari kearifan lokal.

Sehingga, keberagaman seni budaya tersebut perlu difasilitasi dan diimplementasikan secara optimal baik di lingkungan masyarakat, maupun di sekolah. Sehingga kondisi ini dapat menjadi nilai strategis untuk membentuk karakter dan jati diri bangsa.

Lebih lanjut Romi Wijaya juga mengungkapkan, bahwa sekolah sebagai institusi formal juga harus mampu mentransformasikan nilai-nilai kebudayaan yang telah ada.

Menurutnya, sebagai wadah pendidikan, sekolah mempunyai peran strategis dalam mentransformasikan nilai-nilai budaya melalui proses pendidikan yang dilakukan.

“Oleh karena itu sekolah tidak hanya sekedar memberikan kecerdasan akademis saja namun juga harus mampu mentransformasikan nilai-nilai budaya yang telah ada," ungkap Romi Wijaya.

Kemudian, Romi Wijaya menjelaskan bahwa Pentas Seni Pelajar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kayong Utara tersebut merupakan salah satu program pemerintah.

Tujuannya, untuk menerapkan salah satu metode penguatan pendidikan karakter peserta didik pada jenjang Sekolah Menengah Pertama.

Lewat kegiatan ini, diharapkan dapat melahirkan gegerasi yang cinta terhadap karya seni budaya asli daerah melalui ajang perlombaan.***

Leave a comment