Tiga Air Terjun di Tahura Sultan Adam, Pesona Alam Karang Intan Banjar: Ini Daftarnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Keindahan alam yang terbentang di Geopark Pegunungan Meratus sudah terkenal, termasuk yang ada di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Banjar. Di sini ada tiga air terjun yang memesona.

Keberadaan tiga air terjun ini secara langsung menambah pesona Tahura Sultan Adam yang berada di Kabupaten Banjar. Masing-masing malah punya keunikan sendiri.

Ketiga air terjun di Tahura Sultan Adam itu adalah Mandin Putri, Mandin Putri kembar, dan Mandin Tirai Hujan. Tapi tak perlu khawatir, ketiganya telah dikelola dengan baik.

Dengan kata lain, ketiga air terjun yang ada di Tahura Sultan Adam ini bisa membuat Anda takjub. Setelah bermain di air terjun ini, dijamin saat pulang Anda akan segar dan siap beraktivitas kembali.

Melansir nativeindonesia.com, Senin (9/10/2023), ketiga air terjun tersebut memiliki ketinggian yang beragam. Begitupun ketiganya berada di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Nah, berikut penjelasan soal tiga air terjun yang berada di Tahura Sultan Adam:

  1. Mandin Putri
    Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 12 meter, menyajikan pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Air terjun ini sangat tepat bagi orang tua yang mau bawa anaknya main air atau mandi.

Pasalnya, di lokasi ini dilengkapi dengan kolam renang yang airnya dialirkan dari air terjun hingga tak perlu khawatir terantuk bebatuan.

Suasana yang sejuk karena masih terlindung oleh pepohonan hutan, airnya yang dingin segar membuat suasana terasa sangat nyaman, merupakan salah satu alternatif apabila berkunjung bersama keluarga.

  1. Mandin Putri Kembar
    Air terjun ini mempunyai keunikan karena di bagian dasar air terjun terdapat danau yang cukup besar dengan ukuran 10 x 10 meter sebagai tumpahan air yang jatuh dari bagian atas.

Danau atau kolam tersebut biasa digunakan pengunjung untuk bermain air dan berenang, tempatnya tidak terlalu ramai seperti di Kolam Belanda.

Letak pintu masuknya tepat disamping Rumah Banjar dis eberang Warung Wisata Mandiangin, dengan desain yang unik menyerupai kepala beruang madu.

  1. Mandin Tirai Hujan

Air terjun ini juga unik karena mempunyai 3 tingkatan aliran air yang jatuh dari bagian atas dengan ketinggian sekitar 20 meter dengan tebing berundak.

Hanya saja Anda tidak bisa berenang, karena memang tidak ada kolam alami tepat di bawah air terjun. Sementara itu, aliran air terjun yang tidak begitu deras membuat tempat ini aman untuk anak-anak.

Lokasinya yang berada di tengah bukit membuat Anda harus berjalam ekstra untuk menuju lokasi. Namun, Mandin Tirai Hujan hanya akan ada pada saat musim hujan saja, ketika musim kemarau tidak akan ada aliran air yang mengalir.

Demikian soal tiga air terjun yang berada di Tahura Sultan Adam, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment