Cacapan Asam Mangga, Kuliner Pembangkit Selera Khas Banjar: Ini Resepnya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Banyak varian dalam kuliner khas Banjar yang diberi nama cacapan asam. Salah satunya adalah cacapan asam yang mengandalkan buah mangga muda.

Terpilihnya mangga muda ini karena dipercayai mampu menambah rasa dari cacapan asam yang sejatinya adalah kuliner khas Banjar pembangkit selera.

Ya, cacapan asam khas Banjar memang menggunakan bahan yang berasa asam, contohnya mangga muda. Dan, cara membuat kuliner ini pun cenderung mudah.

Melansir budaya-indonesia.org dan mahmudahpips2016.blogspot.com, Jumat (6/10/2023), cacapan asam juga bisa menggunakan belimbing wuluh, jeruk nipis, limau kuit, binjai, ataupun buah gandaria.

Khusus buah gandaria, hanya bisa digunakan pada musim tertentu saja. Hal ini dikarenakan buah gandaria hanya berbuah setahun sekali saja.

Buah gandaria ini merupakan buah endemik dari Kalimantan dan orang Banjar menyebutnya buah ramania. Cacapan asam akan terasa lebih mantap jika memasukkan buah ini ke dalam cacapan asam.

Cacapan asam merupakan makanan pelengkap rumahan karena memang jarang ditemukan di warung makan. Biasanya di rumah makan hanya disediakan sambal acan khas Banjar saja.

Hal ini dikarenakan rasa asam dari buah gandari atau ramania yang disukai masyarakat jarang bisa dijumpai. Buah yang menjadi ciri khas dari cacapan asam ini hanya bisa dijumpai di musim-musim tertentu saja.

Namun yang jelas, kuliner ini adalah makanan pelengkap layaknya sambal. Cacapan asam sering dijadikan pendamping makanan seperti ikan bakar, ikan goreng, dan lain-lain.

Biasanya menikmati cacapan asam ini dengan ikan papuyu (betok) baubar, ikan haruan (gabus) bakar, dan sebagainya. Ada yang menikmatinya dengan terong bakar maupun pucuk daun ubi rebus.

Dalam bahasa Banjar, cacapan berarti cocolan. Jadi, cacapan asam menurut orang Banjar adalah cocolan asam. Dan, asam khas dari cacapan asam ini yaitu asam jawa dan buah-buahan yang berasa asam.

Nah, berikut resep dan cara membuat cacapan asam mangga secara umum seperti dilansir kisarasa.biz.id, Jumat (6/10/2023):

Bahan

  • 1 buah mangga muda atau mengkal, kupas (ukuran kecil)
  • 7 buah cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 1/2 sdt terasi sangrai
  • 1/4 sdt garam
  • 50 ml air
  • 7 biji asam Jawa
  • 1/8 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat

  1. Kupas mangga, cacah ata cincang atau potong memanjang sesuai selera
  2. Potong-potong cabai rawit dan bawang merah, besar-besar saja. Biar berasa lebih pedas, cabainya bisa ditekan-tekan dengan ulekan. Masukan juga terasi, gara, dan kaldu bubuk
  3. Campur air dengan asam Jawa, hingga asam larut.
  4. Campur semua bahan dalam mangkuk, aduk rata. Diamkan sesaat lalu hidangkan.

Demikian cara membuat cacapan asam mangga, kuliner khas Banjar yang mirip acar. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment