PLN dan Pemilik Kendaraan Listrik Singkawang Gelar EV Gathering

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com - Tingkatkan kolaborasi dengan komunitas kendaraan listrik kota singkawang, PLN gelar kegiatan Electrifying Vehicle Gathering yang diawali dengan konvoi kendaraan listrik keliling Kota Singkawang, pada Sabtu tanggal 27 September 2023 lalu.

PjWalikota Singkawang, Sumastro, berkesempatan melepas peserta konvoi di halaman Kantor Walikota Singkawang, dan finish di Kantor PLN UP3 Singkawang.

Menurut General Manager PLN UID Kalbar, Wahyu Jatmiko, kegiatan Gathering ini adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan kendaraan listrik kepada masyarakat kota Singkawang.

"Gathering komunitas kendaraan listrik hari ini adalah bukti konkret bahwa semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Serta mendukung dan menyukseskan program Eco Smart City di Kota Singkawang," tutur Jatmiko.

Lebih lanjut Jatmiko menjelaskan bahwa saat ini, pemerintah tengah mengakselerasi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric Vehicle (EV) di Indonesia, guna menekan penggunaan bahan bakar fosil, mengurangi emisi karbon.

Diakuinya, PLN terus mendorong masyarakat untuk lebih mengenal kendaraan listrik dengan berbagai keunggulannya, sehingga masyarakat tertarik untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik.

"Kami sangat serius untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik ini melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, membangun sistem dari hulu ke hilir untuk memudahkan masyarakat pengguna kendaraan listrik,” ujarnya.

Jatmiko juga menegaskan bahwa PLN siap mendukung akselerasi ekosistem EV di Kalimantan Barat dengan meningkatkan kualitas pelayanan kelistrikan kepada pelanggan, menyediakan infrastruktur pendukung seperti SPKLU, SPLU dan fasilitas Home Charging Services yang terintegrasi di PLN Mobile dimana ada diskon 30% untuk pemakaian di jam 22:00 WIB s/d 05:00 WIB untuk pemilik Kendaraan listrik.

"Kami siap berkolaborasi dalam pengembangan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mendukung kenyamanan pengguna kendaraan listrik," tuturnya.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro memberikan dukungan pada kegiatan Gathering Electric Vehicle dan akan ikut untuk memajukan mobilitas berkelanjutan.

Sementara itu, Santoso salah satu pengguna kendaraan listrik pertama di Kota Singkawang menyampaikan bahwa semenjak 2021 dia telah mengganti mobilnya yang berbahan bakar BBM ke Mobil Listrik.

Dia menuturkan bahwa sebelum beralih ke mobil listrik menghabiskan lebih dari satu juta dalam sekali pengisian BBM selain mahal dia juga mengeluhkan panjangnya antrian saat pembelian BBM.

“Setelah menggunakan Mobil Listrik pengeleluaran menjadi hemat karena minim perawatan dan tidak perlu capek-capek lagi  antri BBM di SPBU," ucapnya.

Ongki, salah seorang peserta dan juga pengguna motor listrik juga menyampaikan bahwa motor listrik lebih efisien waktu dan ramah lingkungan dan mudah dalam pengoperasian.

Dia berharap kepada pemerintah kota singkawang mengadakan program sewa hak milik dengan menggandeng ojol (ojek online) agar pengguna motor listrik lebih banyak lagi.

Rangkaian acara ini menghadirkan berbagai kegiatan yang menarik, di antaranya; program penghijauan sebagai bagian dari komitmen untuk menjaga lingkungan serta

Peresmian 'Pojok Corner Iconnet' yang memfasilitasi penggunaan kendaraan listrik untuk menikmati fasilitas internet gratis. Pojok Corner Iconnet diresmikan sebagai pusat informasi dan pengisian kendaraan listrik.***

Leave a comment