Pemandian Air Panas Tanuhi Loksado, Hangatkan Tubuh dari Dinginnya Pengunungan Meratus

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Alam Loksado di kaki Pegunungan Meratus terkenal dengan hawa yang dingin. Namun tenang, Anda bisa menghangatkan diri di Pemandian Air Panas Tanuhi.

Ya, Pemandian Air Panas Tanuhi Loksado bak oase di gurun pasir. Kolam yang tersedia, meski tidak terlalu panas, cukup memberikan rasa lain di Pegunungan Meratus.

Itulah sebab, Pemandian Air Panas Tanuhi menjadi favorit wisatawan yang mengunjungi Kecamatan Loksado; sebuah kawasan nan indah di kaki Pegunungan Meratus.

Melansir meratusgeopark.org dan indonesiabagoes.com, Rabu (4/10/2023), sejatinya Pemandian Air Panas Tanuhi bersumber dari mata air nonvulkanik dan berada di Desa Hulu Banyu, Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan.

Dengan kata lain, Geosite Mata Air Panas Nonvulkanik Tanuhi masuk ke dalam Geoarea Pegunungan Meratus yaitu pada Granit Batanglai/Belawayan yang berumur Kapur Awal (95–135 juta tahun lalu).

Maksudnya, sistem panas bumi yang berkembang di kawasan ini masuk di dalam sistem panas bumi nonvolkanik radiogenik, di mana panas yang dihasilkan dari proses peluruhan radioaktif pada batuan granit dari kelompok Granit Batanglai/Belawayan.

Perjalanan ke destinasi ini dapat ditempuh dengan jarak 137 kilometer dari Bandara Syamsudin Noor ke arah Barat Kota Banjarbaru atau sekira 30 kilometer dari Kandangan, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Anda bisa memulai perjalanan dari Bundaran Ketupat di Jalan Hanyar atau dekat Terminal Bus Kandangan. Apabila dari arah Kota Rantau, Ibukota Kabupaten Tapin, bisa pilih ke arah kanan. Namun jika dari Kota Barabai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah, maka pilih jalur ke kiri.

Selanjutnya lurus saja menuju Kecamatan Loksado, melewati Desa Halunuk, Panggungan-Lumpangi. Namun saat melewati jalan tersebut Anda harus berhati-hati karena jalannya menanjak dan berkelok-kelok.

Nah, di sekitar Desa Lumpangi apabila Anda menjumpai pertigaan, maka Anda pilih lurus saja (jika ke kanan menuju arah Batulicin). Kemudian lurus lagi sampai bertemu gerbang Wisata Pemandian Air Panas Tanuhi.

Pemandian Air Panas Tanuhi Loksado buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga tutup jam 17.00. Lokasi pemandian yang berada di Lembah Pegunungan Meratus ini memang dikenal cukup dingin.

Sebagai informasi, tempat wisata keluarga ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan kerap dijadikan destinasi wisata untuk berlibur oleh warga.

Meski air panas, namun jangan khawatir. Pasalnya, air di kolam yang ada di pemandian sudah dicampur dengan air dingin supaya suhunya tidak terlalu panas, sekira 48 celcius.

Kolam renang yang tersedia ada empat, terdiri dari dua kolam besar dan dua kolam kecil. Adapun dua kolam kecil di sana merupakan kolam air panas, yang satu dilengkapi atap dan satunya lagi tanpa atap.

Kemudian dua kolam besar di Pemandian Air Panas Tanuhi terbagi menjadi satu kolam dewasa dan kolam untuk anak-anak yang keduanya adalah air biasa. Di kolam dewasa memiliki kedalaman sekitar dua meter.

Apabila Anda tidak bisa berenang, Anda bisa menyewa ban pelampung di loket yang sudah disediakan. Biasanya para pengunjung lebih memilih duduk-duduk di tepi kolam air panas sembari merendam kakinya dalam kolam.

Fasilitas selain kolam pemandian juga tersedia sarana penunjang layaknya musala, MCK, kantin yang menjual aneka makanan dan minuman, area bermain anak, lapangan olahraga, gazebo, ruang ganti pakaian, hingga aula pertemuan.

Apabila Anda hendak menginap, disediakan kamar penginapan atau cottage yang terdiri dari dua tipe. Tipe cottage pertama memiliki kamar yang berukuran cukup luas dan dilengkapi dengan garasi untuk memarkir mobil.

Sedangkan cottage yang kedua posisinya agak ke dalam dan tidak ada garasi mobil. Totalnya ada 20 kamar dengan 10 bangunan cottage bertingkat. Tarifnya pun cukup terjangkau.

Untuk tingkat dua dihargai Rp165 ribu per kamar. Sedangkan lantai bawah, Rp275 ribu per kamar. Fasiltas lainnya yang tersedia adalah kasur spring bed, toilet, lemari pakaian, dan sebagainya.

Demikian informasi soal Pemaindian Air Panas Tanuhi, Loksado. Destinasi wisata di kaki Pegunungan Meratus yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment