Bambang Joko Winayu Minta Pemda Sanggau Bergerak Cepat Tangani DBD

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Bambang Joko Winayu, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau, meminta pemerintah daerah untuk sesegera mungkin melakukan upaya pencegahan untuk menekan tingginya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) saat ini.

"Tentunya pemerintah melalui OPD terkait yaitu Dinkes bisa secepat mungkin melakukan pencegahan agar wabah ini tidak menyebar lebih luas lagi," ujar Bambang Joko Winayu saat diwawancarai.

Menurutnya, ditengah situasi DBD yang jumlah kasusnya meningkat drastis, anggaran yang ada bisa dimaksimalkan untuk penanganan DBD dan semua pihak harus terlibat aktif untuk melakukan upaya pencegahan. Hal itu disampaikan nya menyorot angka kasus DBD yang meningkat drastis dibandingkan tahun 2022 yang lalu.

Seperti di laporkan Dinkes Kabupaten Sanggau per 29 September 2023 kasus DBD sudah mencapai 50 kasus, dua diantara meninggal dunia. Sedangkan di tahun 2022 yang lalu total tercatat hanya 34 kasus.

"Langkah-langkah konkrit yang menyelesaikan akar persoalan DBD segera lah di kerjakan oleh OPD terkait," ungkapnya

Joko juga mendorong, sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat harus digencarkan, agar masyarakat memahami apa yang harus dilakukan dan tidak panik dengan situasi yang ada saat ini.

"Untuk di kecamatan-kecamatan dan puskesmasnya bisa lebih aktif lagi untuk menghimbau dan mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan dan hidup bersih," ungkap Legislator dari partai Nasdem itu. (ans)

Leave a comment