Ice Cold Trending, Netizen Temukan Kejanggalan di Film Dokumenter Ice Cold Murder, Coffee and Jessica Wongso

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Kata Ice Cold trending di X pasca film dokumenter berjudul 'Ice Cold Murder, Coffee and Jessica Wongso tayang di Netflix sejak Kamis, 28 September 2023.

Terpantau hingga Senin (2/10/2023), kolom trending X bertagar Ice Cold ditanggapi sebanyak 19 ribu pengguna aktif X yang menyoroti film 'Ice Cold Murder, Coffee and Jessica Wongso'.

Cuitan netizen di kolom trending X terkait film 'Ice Cold Murder Coffee and Jessica Wongso' ini mengungkap banyak sisi kontroversi atas kejadian pembunuhan yang terjadi pada tahun 2016 ini.

"Habis nonton dokumenter Ice Cold ini, perspektif jadi gampang berubah soal kasus kematian Mirna. Awalnya digiring untuk rame-rame menghakimi Jessica, lalu jadi ragu dan makin ragu karna banyak kejanggalan. Ini bagus, tapi aku jadi punya banyak pertanyaan dari yang sebelumnya," cuit akun Habis Nonton Film, dilansir Senin (2/10/2023).

"Bener, dulu tuh kayak terpengaruh media yang dari awal udah membentuk Jessica sebagai pembunuhnya. Tapi ternyata banyak yang janggal," sahut akun Y dalam cuitannya.

Yang paling janggal, karena pada akhirnya Jessica diputuskan bersalah, meskipun tidak ada bukti dan dia dihukum 20 tahun penjara.

Keputusan itu juga yang membuat netizen di X jadi mempertanyakan tentang hukum dan peradilan, bahkan kalimat ucapan Ayah Mirna jelas menyebut jika kasus ini tidak memiliki bukti.

"Habis nonton ice cold murder netflix dan jelang ending bapaknya Mirna bilang, "Killing without evidence they put to jail for 20 years. I win!". Damn, dia sendiri bilang kalo GA ADA BUKTI untuk memvonis Jessica bersalah loh. Emang kacau sistem peradilan pidana Indonesia," tulis akun bri.

Selain itu netizen juga menyoroti bahwa sebuah pertanyaan penting tak pernah dijawab hingga saat ini yakni: apa penyebab kematian Mirna?

Pasalnya Mirna tidak pernah diautopsi untuk membuktikan bahwa dia meninggal karena racun sianida.

Dari cuitan netizen kasus ini kembali mencuat, seperti apa kasus pembunuhan 7 tahun lalu ini terjadi? Melansir dari berbagai sumber, diketahui jika semula ada 4 orang sahabat yang mengadakan reuni di Kafe Oliver, Grand Indonesia, Jakarta.

Mereka adalah Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso, Hani Boon Juwita dan Vera. Keempatnya bertemu pada tanggal 6 Januari 2016, dan ternyata satu di antara mereka berhalangan hadir, yakni Vera.

Jessica menjadi orang pertama yang tiba di lokasi pertemuan itu, tepatnya pukul 16.00 WIB. Lantas Jessica pun memesan es kopi vietnam dan 2 cocktail atas inisiatifnya sendiri.

Tak lama Mirna pun hadir. Dia datang bersamaan dengan Hani. Jessica sendiri sudah menanti di meja nomor 54, setelah ngobrol seadanya, Mirna minum es kopi vietnam yang telah dipesan sebelum kedatangannya.

Namun yang terjadi Mirna langsung kejang-kejang, mulutnya mengeluarkan buih, Mirna kemudian dibawa ke klinik Gran Indonesia, namun saat perjalanan dilarikan ke RS Abdi Waluyo, Mirna mengembuskan nafas terakhirnya. Dia meninggal dunia.

Kasus inipun menguap setelah ayah Mirna, Edi Dharmawan Salihin melaporkan Jessica ke Polsek Metro Tanah Abang pada malam itu juga. (Adelina). ***

Leave a comment