Kaloborasi Pemkot dan Pontianak Raya Consortium Lewat FamTrip Solo, Upaya Promosi Pariwisata Kalbar

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah Kota Pontianak berkolaborasi bersama Pontianak Raya Consortium dalam menggelar FamTrip dari Solo - Pontianak.

FamTrip direncanakan berlangsung pada tanggal 26-30 September. Hal itu disampaikan pada Konferensi Pers di Hotel Harris Jalan Gajah Mada Kota Pontianak, Sabtu (23/9/2023).

FamTrip merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakn di Pontianak oleh Pontianak Raya Consortium dengan merangkul beberapa stake holder, Air Jet dan Lion Air.

Diungkapkan oleh Ika Florentina, General Manager Harris Hotel bahwa kegiatan FamTrip ini merupakan upaya promosi pariwisata Kalbar tanpa bajet.

Sementara itu, ia menambahkan tidak hanya tamu dari Solo saja yang akan datang ke Pontianak.

"Kita akan menghadiri oleh 20 peserta terpilih, yang terdiri dari influencer Tionghua dari Solo, timmedia Gibran TV, Disparta Surakarta, serta EO dan PCO dari Jogja, Medan, dan Jakarta," kata Ika.

Para peserta nantinya akan mendapatkan dukungan penginapan yang nyaman di hotel-hotel terkemuka seperti HARRIS, Mercure, Kapuas Palace, Borneo, dan Golden Tulip.

Adapun dalam upaya memperkenalkan budaya-budaya di di Kalbar. Peserta bersama Pontianak Raya Consortium dan Pemprov Kalbar, telah menyusun rundown atau rangkaian kegiatan diantaranya berkunjung di beberapa daerah Pontianak, Mempawah dan Singkawang.

Dalam mengawali rundown nantinya akan mencakup beragam kegiatan menarik, seperti susur sungai Kapuas, kunjungan keTugu Khatulistiwa, coffee time di Aming, welcome dinner di Pendopo dan sambutan dari Gubernur.

Selain itu, saat ditanya mengenai mengapa memilih destinasi Solo, Ika menjawab dikarenakan kota Solo sudah identik dengan kota pariwisata.

"Kita harapkan komunitas Tionghoa yang ada disana (Solo) untuk datang ke Pontianak. Karena kita disini sangat strong dengan budaya Tionghoa nya," ujarnya.

Disamping itu, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak, Rizal Almuthahar, menanggapi FamTrip Solo - Pontianak ini merupakan kegiatan yang luar biasa.

"Kegiatan ini luar biasa, non bajeting," sambungnya.

Rizal menambahkan, bahwa dengan adanya FamTrip ini diharapkan akan adanya MoU antara Kota Solo dengan Kota Pontianak.

"Sehingga kita harapkan wisatawan yang berada di Solo dapat merekomendasikan pariwisata yang ada Kalbar," pungkasnya. (Grg)

Leave a comment