AHY Umumkan Dukungan Demokrat untuk Bacapres Prabowo Subianto: Saya Titipkan 2 Harapan Besar!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Tagar Partai Demokrat trending di X usai Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi mengumumkan dukungan kepada Bacapres Prabowo Subianto, pada Kamis (21/9/2023).

Tagar Partai Demokrat menjadi konten politik terpopuler, dan terpantau sebanyak 5.028 pengguna X menanggapi kabar pengumuman AHY itu mendukung Bacapres Prabowo Subianto.

AHY sendiri dalam unggahannya di X sebelumnya telah mengabarkan, dukungan partai terhadap Bacapres Prabowo Subianto akan diumumkan dalam Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat yang dilaksanakan di Jakarta Convention Centre.

Disebutkan AHY juga, pidatonya pada Kamis, 21 September 2023 itu juga bermuatan tekait sikap Partai Demokrat terhadap perkembangan politik nasional.

"Malam hari ini, Kamis tanggal 21 September 2023 pada rapat pimpinan nasional Partai Demokrat, bertempat di Jakarta Convention Center, Saya Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua Umum Partai Demokrat secara resmi dan terbuka mendeklarasikan Bapak Prabowo Subianto sebagai calon Presiden Republik Indonesia dalam pemilu 2024," ucap AHY melansir video yang beredar di trending X, Jumat (22/9/2023).

Dengan arah politik itu, Demokrat bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) jelang pendaftaran capres dan cawapres 2024, pengumuman ini sekaligus mematahkan isu tentang koalisi Partai Demokrat kepada Partai PDIP yang sebelumnya juga ramai jadi perbincangan warganet. Terkait itu Ketua DPP PDIP, Puan Maharani juga membenarkan tentang batalnya Partai Demokrat menjalin koalisi dengan Partai PDIP.

Melansir dari berbagai sumber, Puan Maharani mengungkapkan jika kabar itu telah dia terima sendiri secara langsung dari AHY.

"Iya kita WA-an ngobrol, nyatakan bahwa bagaimana sikap politik Partai Demokrat," kata Puan.

Puan yang juga merupakan Ketua DPR RI ini pun juga menegaskan, pihak PDIP tidak mempermasalahkan batalnya jalinan koalisi Partai Demokrat kepada PDIP. "Saya menghormati pilihan politik Partai Demokrat dalam Pilpres 2024 ini," sebut Puan.

AHY dalam pidatonya menitipkan 2 harapan besar yang Partai Demokrat perjuangkan selama ini kepada Bacapres Prabowo.

Pertama, segala hal baik yang telah dicapai oleh para pemimpin dan pemerintahan sebelumnya, menurut AHY merupakan makna hakiki dari lintas generasi kepemimpinan. Terlebih dalam konteks kerangka dasar bernegara sejatinya harus menegakkan pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

"Yang kedua, segala hal yang kurang baik agar diperbaiki dan dilakukan perubahan, masih banyak persoalanan bangsa dan pekerjaan rumah yang harus kita tuntaskan, baik di sektor ekonomi dan kesejahteraan rakyat, hukum dan keadilan serta demokrasi dan kebebasan berpendapat, dan itulah esensi yang harus kita perjuangkan," ungkap AHY

Sementara itu, Prabowo merasa terharu sekaligus bangga usai Partai Demokrat resmi mengusungnya di Pilpres 2024. “Atas dukungan dan keputusan mengusung saya, saya sampaikan di sini rasa haru saya campur rasa bangga saya," kata Prabowo, dilansir dari YouTube Partai Demokrat, Jumat (22/9/2023).

Prabowo menegaskan siap dan menerima dukungan deklarasi tersebut. Dia bahkan memastikan akan mengemban tugas itu dengan sebaik-baiknya. "Saya terima tugas ini dan akan saya kerjakan dengan penuh rasa tanggungjawab bersama seluruh jiwa raga saya untuk Ibu Pertiwi," pungkas Prabowo Subianto. (Adelina). ***

Leave a comment