Dinas Kesehatan Kalbar: Waspadai ISPA, Himbau Masyarakat Tetap Menjaga Kesehatan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Kesehatan Kalbar mencatat adanya lonjakan penderita ISPA walaupun tidak signifikan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Erna Yulianti usai mengikuti kegiatan aksi sosial Khitanan Massal di Markas PMI Pontianak, pada Rabu (23/8/2023).

Erna Yulianti mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima disetiap Kabupaten Kota mengenai adanya kenaikan kasus ISPA dikarenakan kabut asap yang akhir ini mengalami penebalan.

“Dari Kabupaten Kota selalu melaporkan, dari laporan tersebut adanya kenaikan kasus ISPA walaupun tidak signifikan, dikarenakan kabut asap tapi itu tidak sebesar pada kasus ISPA yang disebabkan oleh faktor lain,” terangnya

Mengantisipasi hal tersebut, Erna menghimbau masyarakat tetap selalu waspada dengan perubahan cuaca untuk tetap menjaga kesehatan.

“Saya sarankan kepada masyarakat, kalo tidak perlu keluar rumah lebih baik tetap berada dirumah istirahat dan tetap mengkomsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih,” ujarnya

Erna menegaskan, laporan dibeberapa daerah seperti Kubu Raya, Ketapang dan sintang terlihat titik hotspot kabut asap yang menyebabkan penderita ISPA yang cukup signifikan.

Kebakaran hutan yang terjadi di beberapa waktu terakhir, memang berdampak terhadap lingkungan yang menyebakan kabut asap menyelimuti sejumlah wilayah Kalimantan Barat.

Ia berharap kepada setiap daerah untuk Dinas Kabupaten Kota wilayah ada titik hotspot tetap waspada, masyarakat dihimbau tetap selalu menggunakan masker.(Evi)***

Leave a comment