Status Bandara Supadio Turun? Dewan Kalbar Sudarno Minta Pemprov Surati Kemenhub

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Status bandara Internasional Supadio Pontianak, terancam diturunkan menjadi bandara bandara domestik.

Anggota DPRD Kalimantan Barat, Martinus Sudarno pun mengaku telah mendegar rumor tersebut.

Karena itu, ia mendesak agar Pemerintah Provinsi Kalbar segera mengambil langkah cepat, menyurati Kementerian Perhubungan, supaya status Bandara Supadio sebagai Bandara Internasional tetap dipertahankan.

"Sangat disayangkan kalau status Bandara Supadio turun dari bandara internasional, menjadi bandara domestik. Makanya pemerintah harus mengambil langkah cepat," ucap Martinus Sudarno, Kamis (21/9/2023).

Menurutnya, status Bandara internasional yang diperjuangkan jauh hari harus dipertahankan. Salah satunya dan melakukan berbagai langkah. Seperti membuka kembali penerbangan internasional Pontianak-Kucing.

"Kalau perlu ditambah lagi Pontianak-Singapura dan penerbangan internasional lainya," ujarnya.

Legislator PDI Perjuangan Kalbar ini  juga resah dengan rumor ini. Sebab, dirinya pernah terbantu dengan hadirnya penerbangan internasional rute Pontianak-Kuching. Di sisi lain, kelengkapan fasilitas, kelengkapan runway sangat layak dilewati pesawat besar.

"Makanya harus ada langkah cemat dari Pj Gubernur. Supaya membuka kembali menerbangkan Pontianak Kuching dan menyurati Kemenhub," pintanya.

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan sebelumnya tengah melakukan evaluasi terhadap 34 bandara internasional di Indonesia. Salah satu dari 34 Bandara itu adalah bandara internasional Supadio Pontianak.

Dari hasil evaluasi itu bakal menentukan apakah status bandara internasional akan dipertahankan atau diturunkan menjadi bandara domestik. (andi)***

Leave a comment