Fraksi Nasdem Harap Penyertaan Modal BUMD Harus Berimplikasi ke PAD Sanggau

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com - Fraksi Partai Nasdem Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Sanggau berharap penyertaan modal dalam usulan rancangan APBD berimplikasi terhadap Pedapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sanggau.

Penyertaan modal tersebut terhadap PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat dan Perumda Air Minum Tirta Pancur Aji Kabupaten Sanggau.

Harapan tersebut disampaikan pada rapat Paripuna DPRD Kabupaten Sanggau.

"Fraksi Nasdem berharap penyertaan modal tersebut harus mampu berimplikasi terhadap penambahan pendapatan asli daerah," kata Ketua Fraksi Nasdem Andreas Sisen.

Andreas Sisen yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Sanggau itu, meneruskan, mengingat penyertaan modal yang di anggarkan cukup besar terhadap dua badan usah tersebut, maka pihaknya meminta penjelasan upaya apa yang dalam meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Sehubungan dengan hal itu mohon penjelasan upaya apa saja yang dilakukan Badan Usaha Milik Daerah dalam meningkat PAD," tuturnya.

Selain itu, Sisen dalam pandangan umum fraksi Nasdem juga menyoroti Pendapatan Asli Daerah yang tidak mengalami perubahan yaitu sebesar Rp140,734 milyar dan PAD yang sah ditargetkan sebesar Rp73,959 milyar berkurang sebesar Rp4,596 milyar.

"Pendapatan Asli Daerah yang tidak mengalami perubahan atau sama dengan target pada APBD murni sebesar Rp140,734 Milyar. Selain itu PAD yang sah ditargetkan sebesar Rp73,959 milyar berkurang sebesar Rp4,596 milyar. Mohon tanggapan," urainya.

Terakhir, fraksi Nasdem juga meminta penjelasan untuk target yang ingin dibaca dalam perubahan anggaran yang diusulkan serta meminta Bupati Sanggau menyampaikan sejauh mana pencapaian visi misi dan program prioritas daerah di tahun anggaran 2023. (ans)

Leave a comment