Fraksi Gerakan Solidaritas Minta Pemda Sanggau Menambah Kuota Beasiswa dan Pengembangan Wisata

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Fraksi Gerakan Solidaritas DPRD Kabupaten Sanggau dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyampaikan pandangan umum.

Adapun pandangan umum tersebut menyorot terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sanggau tahun 2023.

Pandangan umum tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Fraksi, Dewi Marlina, pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sanggau.

Dewi Marlina, Wakil Ketua Fraksi Gerakan Solidaritas mengungkapkan fraksinya sangat memperhatikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Sanggau.

Ia mengharapkan pemerintah daerah agar mengalokasikan anggaran yang ada untuk menambah kuota beasiswa pendidikan tinggi bagi masyarakat Sanggau.

"Untuk meningkatkan SDM yang memiliki kemampuan Intelektual, Emosional dan spiritual, pemerintah daerah melalui APBD diharapkan agar menambah jumlah penerima beasiswa untuk siswa berprestasi yang akan melanjutkan ke jenjang Sarjana (S-1), Magister (S-2) dan Doktor (S-3)," ungkap Dewi Marlina.

Iya merincikan, beasiswa bagi para siswa berprestasi tersebut yakni berupa, tunjangan biaya pendidikan, uang saku, dll.

Wakil Rakyat dari PSI itu, dalam pandangan umum fraksinya juga meminta pemerintah daerah Kabupaten Sanggau untuk lebih memperhatikan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Menurutnya, Pokdarwis memiliki peran penting dalam mengurus potensi wisata yang ada, dengan dilatih dan dibimbing sehingga mampu membantu Pemda memaksimalkan potensi wisata yang ada di Bumi Daranante (julukan Kota Sanggau).

"Dengan memberikan peningkatan wawasan kepada para kelompok melalui studi banding ke wilayah-wilayah lain yang sudah maksud di bidang wisatanya, serta menyediakan sarana dan pra sarana pununjang, untuk menggali potensi wisata baru," pungkasnya. (ans)

Leave a comment