Cegah Penyakit ISPA, RSUD SSMA Berikan Penyuluhan

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sebagai upaya mencegah penyakit yang ditimbulkan dari kabut asap terutama penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak menggelar penyuluhan kepada pasien yang berkunjung ke RSUD.

Siti Rahima Harahap, S Kep Ners menyebut edukasi tentang penyakit ISPA kepada pasien dan pengunjung rumah sakit sangat diperlukan sebagai langkah pencegahan meningkatnya pasien yang menderita penyakit ISPA.

"Beberapa gejala yang ditimbulkan akibat kabut asap diantaranya adalah mata terasa pedas, batuk, pilek, sesak nafas, demam, penyakit jantung hingga paru-paru," jelasnya.

Menurut Siti, ISPA dapat menyerang siapa saja tanpa pandang usia, ISPA tidak hanya terjadi pada saluran pernapasan atas tetapi juga pada saluran pernafasan bawah.

"ISPA dapat dicegah dengan cara membiasakan diri melakukan pola hidup bersih dan sehat, olahraga secara teratur, hindari rokok, hindari stres dan lakukan vaksinasi MMR, influenza maupun pneumonia," sambungnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD SSMA Pontianak, Eva Nurfarihah menambahkan dalam mencegah penyakit ISPA masyarakat dihimbau agar saat keluar rumah jangan lupa menggunakan masker.

“Jika kabut asap sudah mulai menebal, kita menyarankan agar masyarakat melakukan cuci hidung,” kata Eva.

Ia berharap, dengan adanya cuci hidung dapat membersihkan kotoran dan lendir, sehingga menjaga kelembaban hidung. "Dengan begitu gejala ISPA, seperti, hidung meler, sumbat dan gatal akan berkurang," tutupnya. (Greg)

Leave a comment