Plh Sekda Kalbar Paparkan Pertumbuhan Ekonomi Saat Terima Kunjungan Provinsi Jiangsu RRC

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Menjelaskan perkembangan aktivitas ekonomi Kalbar yang terjadi selama 2 tahun terakhir yang terus tumbuh positif dibanding 2 tahun sebelumnya.

Dijelaskan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Alfian saat menyambut kedatangan pimpinan delegasi Provinsi Jiangsu, Mr. Liu Jianyang beserta rombongan di Ruang Rapat Praja 1 Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (12/9/2023).

Alfian mengapresiasi kehadiran para Delegasi dari Provinsi Jiangsu.

Selanjutnya dirinya memaparkan secara umum kondisi dan keadaan di Kalimantan Barat saat ini.

"Saat ini, aktivitas ekonomi di Kalimantan Barat telah menuju kearah perbaikan yang selama 2 tahun terakhir terus bertumbuh positif. Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat pada tahun 2022 tumbuh signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2021 yakni sebesar 5,07 persen", terangnya.

Seperti diketahui, melihat situasi yang dimana Ibu Kota Negara yang nantinya akan pindah ke Kalimantan Timur, diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi dan investasi di Pulau Kalimantan khususnya Kalimantan Barat.

Plh Sekda Provinsi Kalbar juga berharap, hasil dari kegiatan ini dapat dijadikan dasar untuk kerjasama antara Provinsi Kalimantan Barat dan Jiangsu.

Sementara itu, Pimpinan Delegasi Provinsi Jiangsu, Mr. Liu Jianyang yang menjelaskan mengenai Provinsi Jiangsu. Dimana luas wilayah Provinsi Jiangsu lebih kecil daripada Kalimantan Barat. Tetapi, jumlah penduduk di Provinsi Jiangsu 100.000 lebih banyak dari pada Provinsi Kalimantan Barat.

Provinsi Jiangsu juga merupakan Provinsi yang terdepan dari seluruh provinsi di China dan sangat maju pesat dalam bidang pertanian sehingga dari seluruh China, Provinsi Jiangsu menduduki peringkat 3 untuk ketersediaan pangan dan eksperimen di bidang pertanian

Tak hanya itu, Mr. Liu Jianyang juga menjelaskan tentang Provinsi Jiangsu yang terbuka dalam masalah investasi

"Jadi Provinsi Jiangsu juga sangat terbuka terhadap Investasi luar, dan mereka punya 361 perusahaan dari luar negeri yang memang sudah melakukan dan menginvestasi ke Provinsi Jiangsu dan menjadi yang terdepan di dunia", ungkapnya.

Selanjutnya ia berharap provinsi Kalimantan Barat agar bisa mendukung usaha dari Provinsi Jiangsu yang telah menginvestasi ke Kalimantan Barat, sehingga Kalimantan Barat kedepannya dapat terus berkembang. ***

Leave a comment