Tekan Inflasi, Pemda Sanggau akan Gelar Pasar Murah

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Dalam rangka pengendalian inflasi daerah pemerintah Kabupaten Sanggau akan menggelar Gerakan Pasar Murah (GPM).

Sebagai upaya menginventarisir pasar akibat dari kenaikan beberapa bahan pokok.

Rencana Gerakan Pasar Murah tersebut di ungkapkan oleh Asisten II Bupati Sanggau (Bidang Pembangunan dan Perekonomian) Paulus Usrin, GPM akan dilaksanakan melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Paulus Usrin menjelaskan terkait pelaksanaan program Gerakan Pasar Murah ini sudah dilakukan persiapan dan menunggu pematangan teknis.

Dijadwalkan Pasar Murah akan dilaksanakan di dua titik dengan waktu berbeda yaitu pada 12/9/2023 di Pasar Seroja Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas dan 14/9/2023 di PLBN Entikong Kecamatan Entikong.

"Untuk jadwal itu pada tanggal 12 di Pasar Seroja dan Pada tanggal 14 di PLBN Entikong, kita juga bekerja sama dengan Bulog nanti," ungkap Paulus Usrin saat diwawancarai pada Kamis, 6/9/2023 di Ruang Kerjanya.

Lanjutnya, untuk menyukseskan pelaksanaan program Gerakan Pasar Murah tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau menggandeng Badan Urusan Logistik (Bulog) dan beberapa pelaku usaha diantaranya Indomaret, Alfamart, Wing, Indofood dan Borneofood.

"Kami sudah menggandeng para pelaku usaha antara lain yang saya ingat ada Indomaret, Alfamart, Wing, Indofood dan Borneofood ada tujuh semuanya," kata Paulus.

Untuk sementara Paulus Usrin belum bisa memastikan berapa banyak target dan bahan pokok yang akan tersedia pada gerakan pasar murah. Namun, pada dasarnya GMP akan fokus pada produk-produk kebutuhan pokok masyarakat. Untuk pelaku usaha yang terlibat akan menyediakan produk pangan masyarakat dengan harga yang jauh lebih murah.

"Dari Bulog sendiri menyediakan Beras, Minyak Goreng dan Gula. Cuma saya belum dapat data berapa ton untuk beras tapi, untuk dua kegiatan ini agak besar-besaran. Besok kalau tidak salah hari jum'at kita akan matangkan," tutupnya. (ans)

Leave a comment