5 Kendala Penyebab Remote TV Tidak Berfungsi, Kamu Perlu Tahu Cara Benar Mengatasinya

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

ROBOLINGGO, insidepontianak.com - Pada pembahasan kali ini, terdapat 5 kendala penyebab remote TV error. Artikel yang akan dibahas berikut ini juga dilengkapi dengan cara mengatasinya.

Karena kerap dipakai di saat waktu lengkap, tidak heran 5 kendala remote TV tidak berfungsi akan muncul. Bila mengalami hal demikian, jangan lupa untuk menanganinya dengan cara yang tepat.

Adapun cara mengatasi 5 kendala remote TV tidak berfungsi kali ini cukup mudah dipahami. Dengan menerapkan secara benar alat kontrol jarak jauh tersebut bisa berfungsi normal kembali.

Remote TV sebenarnya alat jarak jauh, dimana pengguna dapat mengontrol tayangan televisi secara jauh. Hanya perlu memencet tombol tertentu, tampilan pada TV lantas akan berubah sesuai kehendak.

Selain untuk mengubah tampilan, atau biasa dikenal dengan atur channel. Remote tersebut juga memudahkan pengguna mengatur volume, sleep time, dan banyak lagi lainnya pada televisi.

Lantaran kerap digunakan dalam waktu yang sering, kadang kala remote TV akan mengalami error. Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, sehingga remote kontrol tidak bekerja dengan baik.

Sebagai contoh yang utama, bila remote kontrol televisi jarang dibersihkan, debu atau barang lengket lainnya akan menutupi sensor remote.

Karena kotoran yang menumpuk cukup tebal, sensor jarak jauhnya tidak bisa berfungsi dengan baik. Bila demikian, pengguna hanya perlu membersihkan area tersebut dengan hati-hati.

Selain itu, terdapat faktor lain yang menjadi penyebab utama remote error. Berikut penjelasan 5 kendala remote TV tidak berfungsi dan cara mengatasinya:

  1. Tempat Baterai Kotor.

Walaupun sudah diganti dengan baterai baru, kadang kala remote masih tidak berfungsi secara benar. Jangan panik terlebih dahulu, cobalah buka kembali tempat baterai.

Kemudian cek dengan teliti, bisa jadi area tempat baterai kotor. Setelah itu, cobalah membersihkan tempat tersebut dengan hati-hati menggunakan kain bersih atau kapas.

Bila ternyata terdapat karat, ambillah kapas kering dan bersih. Lalu, celupkan ke dalam Isopropil Alkohol untuk membersihkan korosi.

  1. Sensor Inframerah Error.

Kendala lain bisa jadi inframerah pada remote kontrol error. Hal ini lumrah terjadi, biasanya lantaran penggunaan yang sudah melampaui bertahun-tahun.

Untuk mengecek problem ini, nyalakan senter atau lampu flash pada smartphone. Terangi area bohlam kecil yang terletak pada bagian depan remote TV.

Ketika disinari, cobalah pencet tombol remote secara acak. Bila ternyata mati atau sinar merah hanya bersinar redup, dipastikan sensor inframerah dalam keadaan lemah.

Pengguna hanya perlu memperbaikinya, agar remote bisa berfungsi kembali. Carilah service elektronik yang Anda percaya.

  1. Sistem Perangkat Lunak Jadul.

Kendala yang ketiga dikhususkan bagi pengguna smart TV. Sudah menjadi kebiasan yang hampir bisa dimaklumi, pembaruan aplikasi atau sistem perangkat lunak paling sering diacuhkan oleh pengguna.

Banyak alasan yang kerap didengar, dari mulai waktu update aplikasi dan sistem memakan waktu lama hingga ruang memori tidak cukup.

Senyatanya, pembaruan aplikasi dan sistem pada smart TV bisa membuat perangkat yang ada didalamnya berfungsi dengan baik.

Sebaliknya, bila jarang diperbarui televisi akan mengalami kendala. Hal ini juga bisa menjadi pemicu remote kontrol tidak berfungsi dengan baik.

4.. Reset Pabrik.

Masih pada kendala yang kerap dijumpai pada smart TV. Pengguna sudah merasa benar dengan perangkat dan komponen remote, tapi tetap tidak bisa dioperasikan.

Bahkan, sistem perangkat yang digunakan pada smart TV sudah alami pembaruan. Bila masih error, cobalah buka pengaturan untuk mereset ulang televisi.

  1. Baterai Tidak Dipasang dengan Benar.

Paling sering dijumpai dan hampir dirasakan oleh pengguna televisi. Pemasangan baterai dengan posisi salah juga dapat membuat remote kontrol tidak bekerja.

Oleh sebab itu, perhatikan dengan benar sumbu terminal positif (+) dan negatif (-) ketika hendak memasang baterai.

Itulah penjabaran 5 kendala remote TV tidak berfungsi dengan baik serta cara mengatasinya. Semoga berhasil! (Dzikrullah) ***

Leave a comment