Viral Pengemis di Kota Semarang Bawa Emas 7 Gram dan 7 Ponsel, hingga Uang 4 Juta Bikin Netizen tepok Jidat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Sebuah video merekam seorang pengemis dirazia Satpol PP Kota semarang, kedapatan membawa emas 7 gram, 7 ponsel, dan uang sebesar Rp 4 juta viral di media sosial.

Melihat barang bawaan berupa uang Rp 4 juta, emas 7 gram, dan 7 unit ponsel pengemis di Kota Semarang ini bikin netizen tepok jidat. Pasalnya, barang bawaan tersebut tergolong mahal.

Video pengemis di Kota Semarang yang kedapatan membawa emas 7 gram, 7 unit ponsel, dan uang 4 juta ini direkam langsung oleh salah satu petugas Satpol PP yang ikut merazia.

Setelah direkam tatkala melakukan pemeriksaan, video ini pun viral di media sosial. Banyak netizen yang ikut mempostingnya, salah satunya pemilik akun @infokejadiansemarang.New, pada Selasa (22/8) lalu.

Berdasarkan video yang dilihat langsung oleh tim Insidepontianak, Kamis (24/8), nampak uang yang berjumlah Rp 4 juta itu terdiri dari lembaran 5 ribuan hingga 20 ribuan.

Selain itu, beberapa ponsel jenis smartphone berbagai merek juga di dapatinya berada di dalam karung plastik. Tak hanya itu saja, pengemis wanita di dalam video ternyata juga memiliki emas 7 gram.

Kasi Tuna Sosial dan Perdagangan Orang (TSPO) Dinsos Kota Semarang, Bambang Sumedi menyebutkan bahwa petugas yang merazia adalah anggota Satpol PP Kota Semarang.

Berdasarkan laporan warga, Satpol PP langsung terjun ke lokasi untuk merazia pengemis yang kerap meresahkan masyarakat Genuksari, Kecamatan Genuk, Kota Semarang.

"Setelah ditelusuri ternyata pengemis itu juga bersama suaminya," kata dia, Kamis (24/8).

Awalnya, pengemis wanita ini hendak melarikan diri menggunakan sepeda motor. Karena petugas bergerak cepat, dia tidak kabur dan terjatuh.

Tatkala diperiksa, buntalan yang selalu dibawanya mengejutkan petugas. Pasalnya barang bawaan tersebut terdiri dari uang sebesar Rp 4.340.000.

Selain itu, ditemukan juga 7 unit smartphone dari berbagai merek yang diduga selalu digunakan. Emas seberat 7 gram dan powerbank sebanyak 3 buah juga berada di dalam karungnya.

"Sejumlah perhiasan dan uang itu kita ketahui setelah dilakukan pemeriksaan," paparnya.

Setelah melakukan berbagai pemeriksaan, diketahui bahwa pengemis wanita ini bukan berasal dari Kota Semarang. Dia dan suaminya rupanya asli warga Kabupaten Demak.

"Setelah itu kita bawa ke Among Jiwo tempat penampungan," imbuh dia.

Pihak Dinsos Kota Semarang dan Satpol PP pun melakukan koordinasi dengan Dinsos Kabupaten Demak. Usut punya usut, suami pengemis wanita ini juga terdaftar dalam penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Memang pengemis itu juga sudah menjadi pengawasan Dinsos Demak," paparnya.

Melihat barang bawaan pengemis yang bernilai mahal. Banyak netizen membuat komentar seraya tidak percaya, ternyata penghasilan pengemis bisa mencapai jutaan rupiah.

"Kerja tanpa outsourcing, penghasilan direktur, beban kerja nol," komen akun @el_antonaries.

"Jangan cuma di Semarang banyak sekali sekarang pengemis dan pengamen juga menjadi pekerjaan utama. Bahkan, misal dalam semalam pendapatannya melebihi pegawai," tutur akun @vachmy35.

Sebagian yang lain juga memberi saran, masyarakat harus lebih selektif bila hendak memberikan bantuan terhadap pengemis.

"Sudah dikasih tahu kalau pengemis itu profesi, tapi sing angel masyarakatnya sendiri karena merasa kasihan dll," ucap akun sandya_arhan.

Hingga kini, video tentang pengemis yang kedapatan membawa emas 7 gram, 7 ponsel, dan uang Rp 4 juta ini terus membuat tidak percaya netizen tentang penghasilannya. (Dzikrullah) ***

Leave a comment