Ciptakan Pemilu Berkualitas, AJK Gelar Muspen dan Dialog Publik

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) dalam waktu dekat akan menggelar Musyawarah Pengurus (Muspen) ke-1.

Ketua AJK Theo Bernadhi mengatakan, kegiatan Muspen rencananya akan dilaksanakan pada 17 Juli 2023. Juga akan dirangkai dengan dialog publik dengan tema "Mengawal Pemilu Berkualitas".

"Muspen ini satu di antara kegiatan penting yang harus kami laksanakan sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), tujuannya agar kehidupan organisasi AJK sehat dan terus berjalan," terang bapak dua ini, Minggu (9/7/2023).

Theo melanjutkan, melalui Muspen AJK ingin melakukan evaluasi terhadap program-program kerja yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir, maupun merumuskan program kerja yang akan dilanjutkan ke depan.

Dengan begitu, ke depan AJak dapat berbenah sehingga menjadi organisasi pers yang semakin profesional dan memberikan manfaat positif baik bagi para anggotanya maupun bagi masyarakat serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang.

"Sejalan dengan tema Muspen yakni Memperkokoh Fondasi Organisasi Menuju Pers Profesional, tentu harapan kami AJK tidak hanya menjadi wadah advokasi bagi para anggotanya, tapi menjadi wadah belajar dan saling mengingatkan tentang pentingnya pers profesional agar AJK dapat terus menjadi filter dari derasnya arus informasi dan banyaknya para pihak yang mengklaim diri sebagai Jurnalis namun abai akan tanggung jawab dalam menjalankan kode etik jurnalistik," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muspen AJK ke-1, Agustiandi, SP mengatakan, kegiatan musyawarah pengurus untuk pemilihan ketua dan pengurus AJK periode 2023-2027 ini bakal digelar pada Senin 17 Juli 2023 di Ballroom Hotel Aston Ketapang.

Agus menjelaskan, acara tersebut juga dirangkai dengan Dialog Publik dengan tema mengawal pemilu berkualitas, dengan pemateri Sekda Ketapang, Ketua AJK, Kapolres Ketapang, Ketua FKUB, Ketua KPU serta Komisioner Bawaslu Ketapang.

"Rangkaian acaranya, pembukaan musyawarah pengurus, setelah itu kita lanjutkan dengan dialog publik yang bertajuk mengawal pemilu berkualitas," tuturnya.

Agus menambahkan, pada kegiatan tersebut pihaknya juga mengundang Bupati Ketapang beserta seluruh Forkopimda, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi vertikal, organisasi keagamaan, organisasi masyarakat, organisasi mahasiswa, organisasi kepemudaan, organisasi kesukuan, partai politik serta pihak-pihak lainnya.

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar, harapan kami para pihak yang terundang dapat hadir dalam acara tersebut," harapnya.***

Leave a comment