Puskesmas di Jalur Mudik Dipastikan Tetap Beroperasi Selama Lebaran

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Arus mudik Idulfitri 2023 mulai terjadi di sejumlah wilayah di Kalimantan Barat. Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar pun menyiagakan Puskesmas di jalur mudik yang siap melayani masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Hary Agung Tjahyadi mengatakan, pihaknya sudah  melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota, kepolisian dan instansi vertikal lainnya. Hal ini guna menghadapi Idulfitri tahun 2023.

Hasil koordinasi ini, Puskesmas yang berada di jalur mudik akan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Pemerintah di Kabupaten dan Kota sudah menunjuk Puskesmas-Puskesmas untuk tetap memberikan pelayanan kedaruratan, terutama Puskesmas rawat inap yang berada di jalur mudik," kata Hary Agung Tjahyadi, kepada Insidepontianak.com, Senin (17/4/2023).

Selain Puskesmas, rumah sakit sebagai layanan rujukan juga tetap memberikan pelayanan masyarakat yang melaksanakan mudik.

Di samping itu, Dinas Kesehatan juga mengikut sertakan petugas pelayanan kesehatan di Pos terpadu yang berada di terminal, bandara dan pelabuhan berkolaborasi dengan kepolisian dan instansi terkait.

"Titik-titik yang berkaitan dengan transportasi antardaerah. Baik itu terminal, bandara dan pelabuhan. Ini juga akan ada  tenaga kesehatan di situ," pungkasnya. (Andi)

Leave a comment