Pemkab Kayong Utara Urunan Membiayai Pengerukan Alur di Pulau Melendeng

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com  - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, gandeng sejumlah stakeholder lewat program CSR, melakukan pengerukan alur untuk lalu lintas perahu nelayan di Pulau Melendang.

Pembiayaan pengerukan alur tersebut dilakukan dengan cara gotong royong urunan melibatkan Bank Kalbar Cabang Kayong Utara dan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

Bupati Kayong Utara Citra Duani pun turun langsung memantau kondisi alur lalu lintas perahu nelayan di Pulau Melendang, saat melakukan lawatan safari Ramadhan, Kamis (30/3/2023).

Menurutnya, keluhan nelayan terkait pendangkalan alur sudah lama disuarakan. Sebab perahu mereka tak bisa merapat ke dermaga ketika air laut surut.

"Karena selama ini, ketika air laut surut,  perahu nelayan sulit mendekat ke bibir pantai Pulau Meledang," kata Bupati Citra.

Dengan kerja sama melibatkan berbagai stakeholder, pembiayaan pengerukan alur itu pun kini telah tersedia. Diharapkan pengerjaanya bisa segera dilakukan.

Bupati Citra pun menyampaikan, biaya yang dibutuhkan untuk membiayai pengerukan alur untuk lalu lintas perahu nelayan tersebut sebesar Rp25 juta. Sementara, dana yang telah tersedia melalui bantuan CSR dari Bank Kalbar Cabang Sukadana sebesar Rp5 juta.

Maka untuk menutupi kekurangan anggaran senilai Rp20 juta, dilakukanlah urunan di OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. ***

Leave a comment