Pemdes Mengkalang Tuntaskan Penyaluran BLT DD Tahap 3 dan 4

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Pemerintah Desa Mengkalang, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2023 tahap 3 dan 4 kepada 4 Rukun Warga (RW) di desa itu, Senin (27/3/2023).

"Pada hari ini, kita telah menyalurkan hak-hak dari masyarakat yakni, BLT DD yang sebelumnya sempat tertunda," kata Kepala Desa Mengkalah, Misbar.

Diakui Misbar, untuk di Desa Mengkalang memang ada keterlambatan pencairan BLT DD. Hal itu disebabkan karena dananya sempat terpakai oleh Sekretaris Desa (Sekdes).

Sehingga ia selaku Kadesa Mengkalang mengambil alih utuk penyelesaian persoalan ini. Selain itu, sesuai dengan peraturan pemerintah pemerintah pusat memberikan keleluasaan kepada pemerintah desa setempat melalui kelurahan dan Kecamatan terkait pencairan dana desa. Pola pencairannya bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. Bisa juga dicairkan sekaligus maksimal setiap 3 bulan sekali.

"Penyaluran BLT DD di Desa Mengkalang ini, disalurkan kepada 130 KK (Kepala Keluarga). Per KK menerima sebesar Rp1,8 juta dari tahap 3 dan tahap 4," jelas Misbar.

Dengan terselesainya penyaluran BLT DD tahap 3 dan tahap 4 tahun 2023, Misbar berharap ke depannya, tidak lagi ada kendala dan keterlambatan. Sehingga, masyarakat yang berhak menerima BLT DD ini, bisa tenang dan tidak mencurigai Pemerintahan Desa Mengkalang.

"Kita berharap tidak ada permasalahan lagi, kami juga berharap masyarakat tidak gegabah dalam mengambil sikap," harap Misbar.

Sebelumnya, Pemerintah Desa Mengkalang diadukan ke Polres Kubu Raya oleh masyarakat, lantaran dianggap menilap dana BLT DD. Tetapi itu hanya tuduhan. Karena sebenarnya yang terjadi adalah keterlambatan dalam pencairan.

"Belum termasuk laporan di Polres Kubu Raya, baru bersifat aduan, dan Kapolres menyerahkan persoalan ini kepada Inspektorat Kubu Raya untuk menindaklanjuti. Jika nantinya Inspektorat menyatakan selesai, maka berakhirlah semua persoalan ini," tegasnya.***

Leave a comment