Pemerintah Umumkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Kamis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pemerintah melalui Kementerian Agama mengumumkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023.

Keputusan ini ditetapkan berdasarkan kesepakatan hasil sidang isbat yang telah dilakukan pemerintah bersama perwakilan organisasi keagamaan, ahli astronomi, serta tamu undangan lainnya.

Adapun sidang Isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis atau hisab, dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan atau rukyatul hilal.

"Tadi kita bersepakat bahwa 1 Ramadhan jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023," ucap Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers, Rabu (22/3/2023) petang.

Dengan penetapan itu, maka pada Rabu malam umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan salat tarawih. Menag Yaqut berharap, seluruh umat muslim di Tanah Air dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh khidmat.

"Mari kita menggunakan momentum Ramadhan ini, untuk memperkuat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah. Demikian laporan sidang isbat saya sampaikan," ucapnya.***

Leave a comment