Bupati Sambas Satono Pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda, Momen Mengenang Sejarah Perjuangkan Kemerdekaan

28 Oktober 2022 15:41 WIB
Ilustrasi

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas Satono menjadi inspektur upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, di Halaman Kantor Bupati Sambas, Jumat (28/10/2022).

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar, jajaran Forkopimda Kabupaten Sambas, ASN, TNI, Polri, Mahasiswa dan Pelajar.

Baca Juga: Presiden Jokowi Lantik Johanis Jadi Wakil Ketua KPK, Gantikan Lili Pintauli

"Salam Pemuda! Saudara sekalian yang saya hormati, segala puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunia-Nya pada hari ini 28 Oktober 2022, kita bersama memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, dengan tema Bersatu Bangun Bangsa," kata Bupati Sambas Satono mengawali pidatonya.

Bupati Sambas Satono mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, di pelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan, untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Baca Juga: Peringati Sumpah Pemuda, Wabup Ontot Ajak Pererat Semangat Persatuan

"Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita, bagaimana menyikapi perbedaan sikap, suku agama ras dan kultur, serta berbagai kepentingan untuk dijadikan kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan bangsa," katanya.

Bupati Sambas Satono mengatakan, sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu, telah menjadi tonggak yang kuat menuju kemerdekaan.

Baca Juga: Peringati Sumpah Pemuda, Ketua Komisi V DPRD Kalbar Heri Mustamin Ajak Pemuda Bersatu Bangun Kalbar

"Peran pemuda dalam membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya, telah menghantarkan kepada Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa," pungkasnya. (Yak)

Tags :

Leave a comment