Syarif Terpilih Aklamasi Nahkodai PWNU Kalbar, Kader Optmis NU Berkembang

31 Oktober 2022 13:05 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Rektor IAIN Pontianak, Syarif terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama atau PWNU Kalbar, periode 2022-2027.

Syarif terpilih dalam Konferensi Wilayah atau Konferwil PWNU Kalbar lanjutan yang digelar di Hotel Gardenia, Jalan Arteri Supadio, Kubu Raya, Minggu (30/10/2022).

Sementara, untuk posisi Rois Suriyah dipercayakan kepada KH Ismail Ghofur.

Baca Juga: Bikin Bangga! Remaja Ini Rela Pulang Sekolah Cepat untuk Keliling Dagang Sayur Demi Bantu Ekonomi Keluarga

Ketua PCNU Kota Pontianak, H Ahmad Faruki mengatakan, Konferwil PWNU Kalbar lanjutan ini dilaksanakan karena Konferwil yang sebelumnya digelar di Hotel Aston diskor karena timbul kegaduhan.

Kegiatan Konferwil tersebut, dihadiri Ketua Karateker Prof Dr KH Moh Mukri dan dihadiri 14 PCNU kabupaten dan kota.

"Agendanya hanya kelanjutan (Red, Konferwil) saja, pleno tiga membacakan usulan Ahwa, dari Rois Suriyah, Pengurus Cabang se-Kalbar," kata Ahmad Faruki kepada Insidepontianak.com, Senin (31/10/2022).

Baca Juga: Polres Sanggau Musnahkan 7,1 Kg Sabu, Tapi 2.136 Butir Pil Tak Dimusnahkan, Ini Alasannya

Setelah terbentuk, tim Ahwa selanjutnya memilih Rois Suriyah. Dan pilihan itu jatuh pada KH, Ismail Ghofur, yang merupakan pimpinan Pondok pesantren Al hidayah Rasau Jaya.

Setelah memilih rois syuriah, selanjutnya, dilakukan pemilihan Ketua PWNU. Kala itu, ada dua nama yang muncul.

Pertama, Syarif dengan dukungan 10 PCNU dan Hasyim Hadrawi dengan dukungan satu PCNU. Sementara, tiga PCNU lainya walk out.

Baca Juga: Tes Logika: Punya Kepintaran Profesor? Temukan Kesalahan Tantangan Siswa dan Guru dalam 5 detik?

"Karena pesyaratan balon sah didukung empat suara, yang memenuhi syarat menjadi balon hanya Syarif. Oleh karenanya, secara musyawarah mufakat, akhirnya sepakat memilih Syarif secara aklamasi," terangnya.

Faruki mengatakan, Syarif akan memimpin PWNU masa khidmat 2022-2027. Ia memastikan, seluruh kader NU solid mendukung Syarif.

Baca Juga: Dito Mahendra vs Nikita Mirzani: Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tolak Penangguhan Penahanan Nyai

Faruki juga yakin, ditangan Syarif, NU ke depan bakal bekembang. Sebab, Syarif sudah teruji kepemimpinannya saat memimpin perguruan tinggi Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Pontianak.

"IAIN luar biasa perkembangannya dipimpin Dr Syarif. Kami berkeyakinan NU Kalbar di bawah kepimimpnan beliau juga akan berkembang pesat," katanya.***

Tags :

Leave a comment