Aparat Keamanan Deteksi dan Atasi Serangan Cyber pada KTT G20 di Bali

7 November 2022 17:31 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerangkan aparat keamanan telah mendeteksi sekaligus mengatasi serangan cyber pada penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Di samping itu, tidak ada ancaman keamanan signifikan yang ditemukan aparat TNi/Polri.

Menurut Andika, dalam pengamanan KTT G20 pihaknya menggunakan cara kerja yang sama saat latihan militer Super Garuda Shield bekerja sama dengan militer negara tetangga.

"Kerja sama sama ini yang kemudian membuat kita lebih teliti. Apakah ada pendeteksi tentang potensi-potensi atau rencana-rencana tertentu,” tutur Jenderal Andika pasca memimpin apel bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

“Sejauh ini, secara umum ini, selain (serangan) cyber, kelihatannya belum ada yang signifikan. Namun kalau cyber memang harus saya akui, ada," ungkapnya.  

Baca Juga: KPK Periksa Sekda dan Kepala ULP Pemprov Papua Terkait Kasus Lukas Enembe

Meski begitu, Jenderal Andika juga tidak menjelaskan detail soal ancaman cyber mendekati KTT G20 itu.

Namun, yang pasti pihaknya bersama Badan Siber Sandi Negara (BSSN), dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta Polri sudah berkali-kali untuk mencoba melakukan simulasi.

"Dan kebetulan juga ada gangguan yang real atau benaran (serangan cyber, red). Tapi justru membuat kami lebih matang sebenarnya. Serangan-serangan itu, bagaimana kemudian kami merespon beberapa cepat," pungkasnya.

Baca Juga: Meneropong Fenomena Wibu di Indonesia: Akulturasi Budaya hingga Punya Efek Ekonomi Lokal

 

Tags :

Leave a comment