Kasus Covid-19 Meningkat! Segera Vaksin Dosis Lengkap Booster dan Tetap Jaga Protokol Kesehatan

8 November 2022 14:59 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Kasus Covid-19 di Indonesia akhir-akhir ini meningkat, terutama di Ibukota dan berbagai daerah khususnya Jawa dan Bali.

Akibat meningkatnya Covid-19 ini, pemerintah daerah setempat menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada level 1 di seluruh wilayah.

Meningkatnya kasus Covid-19, membuat Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mengimbau masyarakat menjaga protokol kesehatan atau Prokes dan segera melakukan vaksinasi lengkap bagi yang belum melakukan.

Baca Juga: Polres Tangsel Tangkap Tujuh Pengedar Narkoba, Sita Ekstasi dan Sabu Senilai Rp10 Miliar

Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga mengumumkan perpanjangan PPKM untuk menekan laju kenaikan Covid-19 yang sudah meningkat di daerah Jawa dan Bali.

Pengumuman PPKM dilakukan mengingat kurang sadarnya masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi dosis lengkap dan tetap menjaga protokol kesehatan pada saat di luar rumah ataupun saat adanya sosialisasi dengan banyak orang.

Hal ini juga dipertegas oleh Ahli Epidemiologi, dr. Iwan Ariawan, MSPH bahwa Covid-19 belum berakhir dan semua masyarakat harus segera melakukan vaksinasi lengkap dan tetap menjalankan prokes agar tidak terpapar virus tersebut.

“Kedaruratan Covid-19 di Indonesia belum berakhir. Terlebih saat ini telah muncul sejumlah varian baru. Segera lakukan booster dan tetap menjaga Prokes agar Covid-19 tidak meningkat”, ujarnya dalam acara Media Briefing bertajuk “SIAP Lanjutkan ProKesnya, SIAP Lengkapi Vaksinasinya” pada Senin (07/11/2022).

Kemenkes RI juga memiliki program Breakthrough ACTION for COVID-19 yang didukung oleh The United States Agency for International Development (USAID).

Kerjasama itu untuk memperluas akses vaksinasi Covid -19 di Indonesia dengan memperkuat kegiatan komunikasi risiko dan pelibatan masyarakat untuk membangun kesadaran akan pentingnya vaksinasi.

“Program ini dijalankan khususnya untuk mengingatkan semua masyarakat agar tidak rentan terkena penyakit dan terpapar dari virus tersebut,” katanya.

Mulai dari remaja, orang dewasa hingga para lansia agar segera melengkapi dosis vaksinasinya serta untuk tidak lengah dan tetap taat menjalani protokol kesehatan.

Berdasarkan data terbaru dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada September 2022 menunjukkan bahwa dari total 210 juta orang di Indonesia yang telah menerima vaksinasi COVID-19, hanya 43,967,085 yang sudah melengkapi dosis vaksinasi.

Dari data itu maka menunjukkan bahwa adanya kesenjangan vaksinasi saat ini masih sangat besar. Padahal dengan melakukan vaksinasi adalah langkah awal untuk menekan laju kenaikan Covid-19.

“Masih banyak kelompok masyarakat yang belum terwakili dan mendapatkan akses vaksinasi karena hambatan sosial, budaya dan ekonomi, seperti lansia, masyarakat adat, agama, dan pekerja seni budaya,” katanya lagi.

Baca Juga: Gonjang-Ganjing Terkait Centang Biru di Twitter dan Fitur Baru yang Akan Diperoleh

Selain itu, tantangan lain yang masih harus diperhatikan adalah adanya hambatan akses dan suplai vaksinasi yang perlu ditingkatkan.

Untuk itu saat ini, penting sekali dorongan motivasi kepada masyarakat agar sadar terhadap pentingnya vaksinasi dengan dosis yang lengkap. Karena ini juga dapat membangkitkan urgensi terhadap pemerintah untuk memperhatikan akses dan suplai vaksin.

Dian Rosdiana, Communication Team Leader Breakthrough ACTION for COVID-19 menekankan masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan perilaku hidup sehat secara rutin seperti mencuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak serta melindungi diri dengan vaksinasi.

“Masih banyak PR bagi kita yang masih harus diperbaiki, yaitu keterjangkauan vaksinasi khususnya bagi lansia dan kelompok masyarakat rentan lainnya dan turunnya disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan," paparnya.

"Terlebih memang pandemi ini belum berakhir. Untuk itu, kami pun tak bosan-bosannya untuk terus mewartakan pesan kunci Breakthrough ACTION for COVID-19 program yaitu “SIAP Lanjutkan ProKesnya, SIAP lengkapi vaksinasinya”, sambung Dian Rosdiana.***

Tags :

Leave a comment