TP4GN Harap Kelurahan di Singkawang Jadi Ujung Tombak Pencegahan Narkoba

11 November 2022 20:18 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com – Tim Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (TP4GN) Kota Singkawang menggelar kegiatan pembinaan Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) Kota Singkawang Tahun 2022 di Bumi Betuah, Kamis (10/11/2022).

Kegiatan diikuti para camat, lurah se-Kota Singkawang dan OPD terkait berkenaan evaluasi kegiatan dan penyusunan rencana aksi P4GN pada program Kelurahan Bersinar.

Wakil Wali Kota Singkawang Irwan sekaligus Ketua TP4GN Kota Singkawang mengatakan pertemuan ini dimaksudkan untuk wujud rencana aksi P4GN yang menyasar langsung ke beberapa Kelurahan di Kota Singkawang.

“Kita akan gerakkan aksi ke lapangan untuk berdialog dan berdiskusi sekaligus penyuluhan yang melibatkan BNN, TNI/Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, pihak akademisi dan para siswa. Narkoba ini tergolong sebagai sebuah kejahatan yang luar biasa, maka penanganannya juga luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga: Danrem 121/ABW Tutup TMMD ke-115 di Singkawang, Kerjasama dengan Pemerintah untuk Pembangunan yang Merata

Untuk itu, Irwan berharap Kelurahan dapat berperan sebagai ujung tombak dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkotika di Kota Singkawang. Ia menilai Kelurahan merupakan basis TP4GN yang membantu mencerdaskan masyarakat dan memberikan informasi akan bahaya narkoba.

Lebih lanjut, Kepala BNN Kota Singkawang Kompol Toto Budi Suprapto mengatakan fokus kegiatan ini telah dilakukan di beberapa Kelurahan yang menjadi percontohan. Diantaranya, Kelurahan Roban, Kelurahan Sungai Wie dan Kelurahan Jawa.

“Perlahan-lahan kita akan coba membangun Kelurahan Bersinar di 3 Kelurahan terlebih dahulu. Tujuannya untuk menjadi percontohan dan memang menyesuaikan dengan program BNN dimana setiap tahunnya 3 Kelurahan,” ujarnya.

Perlu diketahui, jumlah kasus kejahatan narkotika di Kota Singkawang pada tahun 2022 telah mencapai 68 kasus. Ia menilai jumlah ini cukup besar untuk ukuran Kota Singkawang, maka diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk bersama-sama mengobarkan semangat War On Drugs yang diusung oleh BNN.

Baca Juga: Investor Malaysia Tertarik Bangun Jalan Tol, Wali Kota Edi Harap Tol Pontianak-Singkawang

 

Tags :

Leave a comment