8 Hari Lagi Piala Dunia FIFA Qatar 2022: Kenang Kembali Sejarah Maradona si Tangan Tuhan

12 November 2022 10:33 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Para pencinta sepakbola dunia menantikan laga bergensi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 yang akan berlangsung pada bulan November hingga Desember. Salah satu pemain legendaris adalah Maradona.

Sembari menunggu laga bergensi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 mari kita mengulas kembali kisah Maradona yang terkenal dengan julukan sebagai Tangan Tuhan.

Piala Dunia FIFA Qatar 2022 akan dimulai pada tanggal 20 November mendatang. berikut cerita terkait Maradona yang yang kita kenal dengan julukan Tangan Tuhan.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar Grup A dan Siaran Langsungnya

"Sedikit mengenai kepala Maradona dan sedikit mengenai Tangan Tuhan.” Seperti yang dikutip dari laman FIFA Sabtu (12/11/2022)

Deskripsi penuh teka-teki Diego Maradona tentang gol pembukanya bersama Argentina di perempat final Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko melawan Inggris tentu mendapatkan tempat spesial dalam sejarah sepak bola.

berdasarkan pemutaran tayangan ulang, hingg kemudian hari kita tahu bahwa kepalanya tak banyak berperan seperti yang ia sampaikan sebelumnya!

“Itu mungkin penipuan terbaik yang pernah Anda lihat, dan dia lolos begitu saja,” ungkap Terry Butcher, salah satu bek Inggris yang melakukan protes sia-sia terhadap proses gol tersebut.

Butcher tidak hanya sekali ditaklukkan Maradona, melainkan dua kali di pertandingan perempat final 1986 yang dielu-elukan banyak orang.

Meskipun gol kedua juga tak kalah brilian, jelas gol pembuka Argentina yang kontroversial begitu menyakitkan.

Gary Lineker, penyerang Three Lions yang mendapatkan gelar Sepatu Emas berkat gol di menit ke-81 pada partai tersebut, mengatakan dalam dokumenter FIFA+ The Hand of God

“Aku tidak marah. Aku suka Diego, jujur saja. Dia mungkin mengcurangi kami, tapi aku sudah memaafkannya. Maradona adalah yang terhebat di era kami, dan ia melakukan hal-hal ajaib di lapangan.”

Ada beberapa pemain Inggris yang masih kurang menyukai gol itu, sebut saja kiper Peter Shilton sebagai contohnya.

”Orang-orang selalu bilang padaku: ‘Oh, dia melompatimu.’ Tidak. Dia curang,” keluh Shilton.

Tentu saja, keluhan seperti itu mendapat komentar nyeleneh dari mendiang ikon Argentina.

Baca Juga: Eksistensi Jamu Gendong dan Jamu dalam Dua Jaman yang Berbeda

“Aku tidak pernah membanggakan mencetak gol seperti itu, tapi rasanya lucu ketika mendengar mereka marah karena aku mencetak gol dengan tanganku. Sangat lucu”

“Mereka, Inggris, memenangkan Piala Dunia dengan sebuah gol yang tidak sah saat melawan Jerman,” tambah Maradona, mengacu pada gol yang membuat Three Lions unggul di final 1966.

“Jadi, mereka tidak seharusnya berkomentar soal Maradona, karena mereka lebih dulu curang sebelum aku!” kata almarhum Maradona.***

Tags :

Leave a comment