Presiden Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN

16 November 2022 18:08 WIB
Ilustrasi

 

PONTIANAK, insidepontianak.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 mendatang. Pemerintah pun tengah menyiapkan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai tempat pesta olahraga sejagat tersebut.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," ungkap Jokowi dalam siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022).

Sebagai Ketua G20 2022, Jokowi bersama para pemimpin G20 menekankan pentingnya olahraga. Selain untuk kesehatan, lanjut dia, olahraga juga memiliki peran penting dalam mempersatukan dunia.

"Saya sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Bersama Delegasi KTT G20 Tanam Mangrove di Tahura Bali

Presiden Jokowi menilai kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya akan menegaskan pentingnya netralitas dalam ajang olahraga internasional.

"(Kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade) akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, gelaran Olimpiade akan berlangsung di Paris 2024, Milano-Cortina untuk 2026 (musim dingin), Los Angeles untuk 2028, Brisbane untuk 2032.

Baca Juga: Tim Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris di Lampung, Temukan Barang Bukti Berkenaan Aksi Jihad

 

Tags :

Leave a comment