Presiden Jokowi Serahkan Presidensi G20 Tahun Depan ke Perdana Menteri India

16 November 2022 18:13 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan gelar presidensi G20 tahun depan ke Perdana Menteri India Narendra Modi ketika penutupan KTT di Nusa Dua, Bali, hari ini Rabu (16/11/2022).

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada India, yang akan melanjutkan kepemimpinan presidensi G20 berikutnya,” ujar Jokowi dalam sidang penutupan G20, Rabu (16/11/2022).

“Amanah menjaga dan wujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang inklusif selanjutnya berada di tangan Yang Mulia PM Narendra Modi," sambung Jokowi.  

Jokowi menyakini di bawah kepemimpinan Modi, G20 bakal terus bergerak. Menurutnya, Indonesia siap mendukung presidensi India di G20 tahun depan.

"Saya juga meminta kepada seluruh pemimpin G20 juga mendukung presidensi India tahun depan," urainya melanjutkan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036 di IKN

"Menandai berakhirnya presidensi Indonesia di G20, saya serahkan tampuk kepemimpinan (G20) kepada India selaku presidensi G20 berikutnya," jelas Jokowi.

Di kesempatan yang sama, kepala negara mengucapkan terima kasih kepada seluruh kementerian, lembaga, dan kelompok kerja G20 yang sudah membantu mewujudkan kesuksesan presidensi Indonesia di G20 selama setahun terakhir.

Selain itu, Jokowi juga tak lupa mengapresiasi antusiasme para pemimpin negara G20 yang hadir langsung di Bali, walaupun di tengah situasi global yang tengah mengalami banyak kesulitan.

Baca Juga: Jokowi Bersama Delegasi KTT G20 Tanam Mangrove di Tahura Bali

 

Tags :

Leave a comment