Messi dan Timnas Argentina di Piala Dunia Qatar 2022: Akankah Bisa Mengulang Kejayaan Diego Maradona?

18 November 2022 10:30 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Kedatangan timnas Argentina di Bandara Internasional Hamad, Doha , pada Kamis kemarin, 17 November 2022, memberi tanda akan kesiapan mereka untuk segara bertanding di Piala Dunia Qatar 2022. Lionel Messi cs bahkan terlihat sangat percaya diri ketika turun dari pesawat.

Rasanya tidak sah bila Argentina tidak ikut pertandingan semacam Piala Dunia Qatar 2022. Apalagi ketenaran timnas mereka sangat dikenal oleh seluruh Negeri. Dalam minggu-minggu ini kehebatan mereka sempat diuji oleh Uni Emirat Arab dalam pertandingan ujicoba dengan skor 5-0.

Bahkan Nielsen Gracenote saja memprediksikan Argentina mempunyai peluang baik untuk keluar sebagai pemenang di Piala Dunia Qatar 2022, dalam prediksinya tim Argentina menempati posisi kedua setelah Brasil.

Baca Juga: Jabulani: Bola yang Dikutuk Oleh Para Pemain Piala Dunia, Meski Adidas Sebut Sudah Mengikuti Persyaratan FIFA

Terlebih lagi, bila terdengar tentang kabar timnas Argentina, memori di dalam otak akan memproyeksikan tentang Diego Maradona. Pemain yang dijuluki sebagai 'Tangan Tuhan' dan teman-temannya pernah membawa Argentina menjadi jagoan Piala Dunia 1986.

Kemenangan itu bagi Maradona dan timnya, merupakan anugerah terbesar yang pernah diraih oleh Argentina diluar kandang, setelah menjadi juara saat Piala Dunia 1978. Kabar buruknya adalah perayaan besar-besaran mereka pada tahun 1986 tersebut, juga menjadi akhir mereka memenangi Piala Dunia di tahun-tahun setelahnya.

Prestasi lain yang pernah tersemat di pundak tim yang dijuluki dengan 'La Albiceleste' ini adalah Piala Copa Amerika tahun 2021. Dalam pertandingan itu, Argentina mampu membabat habis timnas Brasil

Kemudian pada bulan Juni kemarin (2022), timnas Argentina juga menyapu bersih Itali dengan skor 3-0. Prestasi-prestasi tersebut sudah mampu membuat lutut musuh bergetar, bila berhadapan dengan La Albiceleste.

Kini kedatangan Lionel Messi cs ke Qatar sangat dinanti-nanti, baik oleh tim mereka ataupun bagi pendukungnya. Sang bintang diharapkan akan menjadi tulang punggung di sayap kanan untuk memperkuat tim Argentina.

Bagi sang bintang, timnas Argentina akan menjelma menjadi jarum di dalam daging Grup C. Kepercayan dirinya diprediksi akan menggilas habis-habisan tim Meksiko, Saudi Arabia, dan Polandia.

Dia sendiri telah memanen banyak gelar di klubnya, namun pria yang kini berusia 35 tahun tersebut belum pernah mendapatkan gelar di ajang Piala Dunia. Bisa saja namanya akan bersanding lurus dengan Diego Maradona, serta mampu mengulang momen-momen indah di tahun 1986 itu.

Walaupun sang pelatih menumpukkan beban berat pada Messi, dia akan dibantu oleh pemain-pemain lain. Sebut saja Angela Di María, Julian Alvarez, hingga Lautaro Martinez akan mendukung sang bintang untuk memperkokoh tim mereka.

Di asuh oleh Lionel Scaloni, dipercaya mampu membuat taktik Argentina semakin mapan di Piala Dunia Qatar 2022. Dia sendiri merupakan mantan pemain sepak bola yang kerap berlaga di Itali, Eropa. Tercatat klub seperti Atlanta dan Lazio sebagai saksi kehebatan pria yang berusia 44 tahun tersebut.

Baca Juga: Grup B Piala Dunia 2022: Inggris Diunggulkan Juara Grup

Selain pernah bergabung di klub-klub Eropa, dia juga dicatat oleh sejarah pernah mendukung timnas Argentina, walau tidak sepadan dengan Gabriel Batistuta ataupun Juan Sebastían Veron. Semenjak tahun 2018, Scaloni telah dipercaya untuk menjadi nahkoda timnas Argentina menggantikan Jorge Sampaoli.

Entah apakah Scaloni bisa mengharumkan La Albiceleste seperti pendahulunya yakni César Luis Menotti di tahun 1978, atau akan menyamai Carlos Bilardo ditahun 1986, semuanya akan terjawab nanti. ***

Tags :

Leave a comment