Tanamkan Kepedulian Lingkungan Sejak Dini, Prodi Geografi IKIP PGRI Pontianak Libatkan Siswa Tanam Pohon

26 November 2022 16:51 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Puluhan siswa SDN 39 Sungai Raya terlihat antusias mengikuti kegiatan penanaman pohon di area lingkungan sekolah, Selasa (15/11/2022).

Gerakan penamaan pohon tersebut merupakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikan Geografi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia atau IKIP PGRI Pontianak.

Ada berbagai tanaman buah yang ditanam mulai dari pinang, petai, matoa, pucuk merah, kiwi, alpukat, durian, belimbing hingga manga. Selain siswa, para guru hingga kepala sekolah dan dosen turut ambil bagian.

Ketua Tim PKM Prodi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak, Agus Suwarno mengatakan, program tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap perbaikan lingkungan yang menjadi tanggung jawab bersama.

Melalui kegiatan ini, para siswa dapat memahami pentingnya gerakan literasi ekologi di lingkungan untuk menjaga ekosistem dan dapat berdampk langsung dalam proses pembelajaran outdoor.

"Para siswa bisa belajar langsung di lokasi halaman yang pohon-pohonnya sudah rindang dan asri. Tujuannya, menciptakan suasana belajar yang berbeda dari biasanya,"ucap ketua tim PKM Prodi pendidikan geografi IKIP PGRI Pontianak Agus Suwarno, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Dukung FoLU Net Sink 2030, Bupati Martin dan Jajaran Gelar Tanam Pohon Serentak

Anggota Tim PKM, Rina berpendapat, gerakan penghijauan yang dimulai dari lingkungan sekolah akan berdampak besar bagi lingkungan.

Salah satunya lingkungan sekolah akan terlihat asri dan selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya, menciptakan rasa belajar yang nyaman.

Untuk itu, dia berharap agar gerakan penghijauan di lingkungan sekolah ini dapat dilakukan secara berkelanjutan sehingga akan bisa menjadi contoh menjadi sekolah Adiwiyata.

"Kesuksesan kegiatan ini semua tidak luput dari kerja keras kepanitian inti yaitu koordinasi yang telah dilakukan dengan pihak sekolah oleh pak Ihsan Nurhakim, Agus Sudiro dan Yoga Prasetya ," jelasnya.

Kepala SDN 39 Sungai Raya, Syahbandi, menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kegiatan PKM Prodi Pendidikan Geografi IKIP PGRI Pontianak tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Jose Ramos Horta Tanam Pohon Gaharu Bersama di Istana Bogor

Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan pada masa mendatang.

"Kita berharap kegiatan dapat terus berkelanjutan untuk dilaksanakan," pungkasnya.

Tags :

Leave a comment