Hardgumay Ramalkan Bencana 2023: Gelombang Laut, Ada yang Terbawa Ombak di Pulau Sulawesi

29 November 2022 18:34 WIB
Ilustrasi

 

PONTIANAK, insidepontianak.com - Peramal Hardgumay meramalkan tentang bencana 2023 di Indonesia. Katanya bukan terjadi di Pulau Sumatera maupun Pulau Jawa, tapi di Pulau Sulawesi.  

Ramalan bencana dimaksud Hardgumay berhubungan dengan air, dalam hal ini laut. Dalam prediksi ramalannya, bencana itu terjadi di Pulau Sulawesi, di pertengahan 2023. 

Setidaknya Hardgumay meramalkan ada tiga lokasi di Pulau Sulawesi yang mengalami bencana air laut di tahun 2023, yakni Makassar, Manado, dan sebuah desa kecil yang berdekatan dengan air. 

"Sampai sekarang dalam pikiran saya terlintas gelombang laut, akan ada bencana yang terjadi sehubungan dengan air. Lautnya besar, tidak bertepi, bukan Sumatera, bukan Jawa, tapi di Sulawesi, dan ada tiga tempat, Manado, Makassar dan sebuah desa kecil," kata Hardgumay, dilansir dari program televisi FYP, Selasa (29/11/2022). 

Baca Juga: Ramalan BMKG: Enam Wilayah Kaltim Hujan Petir Senin-Selasa, Semua Pihak Diminta Waspada

Dalam penerawangannya, Hardgumay mengungkapkan, air laut masuk ke dataran darat, kemudian ada yang menangis, ada juga masyarakat yang terbawa ombak," ungkapnya.

"Saya berharap kejadian ini bukan sebuah musibah. Namun akan terjadi di pertengahan tahun 2023," ramalnya melanjutkan. 

Terlepas itu, Hardgumay juga meramalkan, bencana ini juga berhubungan dengan seorang pejabat tinggi di pemerintahan. 

"Ada tugas yang berat untuk pejabat itu yang sehubungan dengan air dan ini menjadi tanggung jawabnya selama kepemimpinannya," bilang Hardgumay. 

Diketahui Sulawesi merupakan nama pulau di Indonesia berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan. Memiliki luas sekitar 174.600 km persegi, Sulawesi adalah kepulauan terbesar ke-11 di dunia. 

Baca Juga: Ramalan Cuaca BMKG: Potensi Hujan Lebat Sebagian Besar Wilayah Indonesia

Di Indonesia, luas Pulau Sulawesi menduduki peringkat ke-4 setelah Papua, Kalimantan, dan Sumatera.

Lebih spesifik mengenal dua kota yang disebut Hardgumay, yakni Makassar dan Manado. Makassar adalah Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan, terletak di bagian Selatan Pulau Sulawesi yang dahulu disebut Ujung Pandang.

Kota Makassar adalah kota yang terletak dekat dengan pantai yang membentang sepanjang koridor barat dan utara dan juga dikenal sebagai “Waterfront City”  di dalamnya mengalir beberapa sungai (Sungai Tallo, Sungai Jeneberang, dan Sungai Pampang) yang kesemuanya bermuara ke dalam kota. 

Kota Makassar merupakan hamparan daratan rendah yang berada pada ketinggian antara 0-25 meter dari permukaan laut. Atas kondisi ini menyebabkan Kota Makassar sering mengalami genangan air pada musim hujan, terutama pada saat turun hujan bersamaan dengan naiknya air pasang.

Sementara Kota Manado adalah ibukota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado seringkali disebut sebagai Menado. Manado terletak di Teluk Manado dan dikelilingi oleh daerah pegunungan.

 

Tags :

Leave a comment