Menparekraf Sandiaga Uno Batalkan Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,75 Juta

16 Desember 2022 19:22 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membatalkan wacana kenaikan harga tiket masuk Pulau Komodo, Pulau Padar dan Perairan sekitarnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) seharga Rp3,75 juta rupiah pada 1 Jnauari 2023 mendatang.

"Yang Komodo sudah diputuskan bahwa tidak ada kenaikan. Tidak ditunda, tapi ditarik, sudah dibatalkan," tegas Sandiaga Uno saat hadir di acara Wonderful Indonesia Cobranding Awards 2022 di Balairung Soesilo Sudarman, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Dikatakannya, pemerintah NTT sedang menyiapkan peraturan gubernur yang menegaskan pembatalan penaikan tiket masuk ke Komodo itu. Keputusan tersebut diklaim Sandi sebagai kabar baik untuk seluruh pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Baca Juga: Yuks Simak, Berikut Delapan Tol yang Bisa Digunakan Selama Libur Natal dan Tahun Baru secara Gratis

"Bukan hanya di Manggarai, Labuan Bajo, tapi di seluruh yang menopang pariwisata berbasis ecotourism. Ini menunjukkan keberpihakan pemerintah terhadap kebangkitan pariwisata dan saat masyarakat baru saja pulih dari pandemi, keputusan ini tentunya menjadi angin segar," sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT, Zeth shoppingmode Sony Libing bersikeras akan tetap memberlakukan tiket masuk Pulau Komodo yang baru pada 1 Januari 2023. Padahal, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sudah bersurat kepada pemerintah NTT meminta agar mereka meninjau kembali pasal dalam peraturan Gubernur NTT tentang pengelolaan kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Baca Juga: Sukanagara-Cianjur Dilandak Banjir Setinggi 1 Meter, Ratusan Rimah Warga Terendam

 

Tags :

Leave a comment