Sayonara Sergio Busquets! Sang Gelandang Resmi Pensiun Usai Gagal Membawa Spanyol di Fase 16 Besar

17 Desember 2022 16:40 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Kabar mengejutkan datang dari Sergio Busquets. Pemain timnas Spanyol itu memutuskan untuk pensiun dari tubuh tim berjuluk La Furia Roja. Hal ini dilakukan usai dia gagal membawa Spanyol melaju ke perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebelumnya, timnas yang didukung oleh Sergio Busquets harus angkat kaki dari lapangan Piala Dunia 2022 Qatar. Spanyol ditekuk oleh Maroko di babak 16 besar, kenyataan pahit ini benar-benar memukul mental tim La Furia Roja.

Akibat kekalahan tersebut, Spanyol harus mengubur mimpi untuk bermain di arena perempat final Piala Dunia 2022 Qatar. Tidak hanya fans La Furia Roja saja yang bersedih, kawan sejawat Sergio Busquest turut menggagalkan impian memeluk trofi emas.

Baca Juga: HP Keren di Bulan Desember 2022, Samsung Galaxy M23 5G: RAM Gede Plus Penyimpanan Luas, Tertarik?

Berita perihal mundurnya Sergio Busquets dikonfirmasi langsung olehnya lewat akun Instagram, Jum'at (16/12/22). Pada postingan Reels itu, pemain klub Barcelona ini mengumumkan secara resmi kabar terkait.

"Dengan senang hati saya akan mengumumkan setelah melalui 15 tahun dan 143 pertandingan, tiba saatnya momentum bagi saya untuk mengudnrukan diri dari timnas [Spanyol]," tulisnya, dikutip dari akun Instagram Sergio Busquets pada Jum'at, 16 Desember 2022.

Busquets sendiri mengawali karirnya sebagai pemain timnas Spanyol semenjak tahun 2009. Dari waktu pertama kali debut, posisi yang ditempati selalu berada di lini depan tim La Furia Roja.

Eksistensi dirinya selalu dibutuhkan dalam pertandingan sekelas Internasional, dia kemudian juga turut malang melintang di arena Piala Dunia 2022 Qatar. Sebagai gelandang, taktik serangan Spanyol berada di kedua pundak Busquets.

Takdir berkata lain, ajang Piala Dunia 2022 Qatar itu ternyata menjadi laga terakhir bagi sang gelandang. Berselang beberapa hari dari kekalahan Spanyol dari Maroko, keputusan pensiun menjadi jalan pamungkas yang telah dipikirkan.

Jejak Sergio Busquets di Tubuh Spanyol

Sebagai pemain sepak bola profesional, Busquets ikut mendukung timnas Spanyol selama 15 tahun. Dalam karirnya, dia membela tim berjuluk La Furia Roja dalam 143 pertandingan.

Selama satu dekade lebih setengah, dia merasa cukup senang karena terlibat aktif di dalam tubuh timnas kelahiran.

Dia pernah membawa Spanyol meraih dua gelar di laga sekaliber EURO. Sedangkan di ajang Internasional lainnya, Busquets juga mengantarkan La Roja sebagai tim juara Piala Dunia.

Mundurnya pemain Barcelona ini dari timnas, bisa dikatakan sebagai akhir yang 'Husnul Khotimah'. Setelah memperkuat La Roja di Piala Dunia 2022 Qatar, dia memporoleh lebih dari 143 caps.

Perolehan tersebut bahkan mampu melibas jumlah caps pemain bintang Spanyol, diantaranya adalah Iniesta, Xavi, Carles Puyol, dan Fernando Hierro.

Langkah Selanjutnya

Usut punya usut, berakhirnya jejak pemain Barcelona ini dari kesebelasan Spanyol tampak ingin lebih fokus bermain di jajaran klub.

Telah jamak diketahui, Busquets masih berperan aktif di klub besar Eropa. Meski tidak hijrah dari Negara tercinta, dia tetap berniat untuk berkontribusi kepada Bacelona.

Harapan terus eksis dalam dunia olahraga tidak bisa padam begitu saja. Meski tidak menjabat sebagai pemain timnas lagi, karir sebagai pesepak bola ternama harus tetap dilakoni walau sebatas arena klub.

Baca Juga: Tes IQ: 97% Gagal Menjawab Tantangan Ini! Tugas Kamu Temukan Dua Tikus yang Tersembunyi dalam Gambar Singa Ini

Memilih dalam satu jalur, membuat mantan pemain timnas Spanyol tersebut berada di tepi jurang. Kontrak Busquets sendiri dengan Barcelona akan berakhir pada tahun 2023 mendatang. Bila saat itu tiba, dia bebas memilih untuk angkat kaki dari Camp Nou atau bertahan. ***

Tags :

Leave a comment