Penerimaan Pajak Daerah Harus Diperkuat dengan Minimalisir Kelemahan dan Error

19 Desember 2022 14:28 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Pendapatan daerah Kalbar makin tahu tersus mengalami peningkatan sehingga butuh sistem akuntabel untuk mengawasi sistem pajak yang ada,

Menurut Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Fatahillah Abrar, sistem pendapatan pajak yang sudah ada harus bisa mengatasi kelemahan yang ada.

Kata dia, penataan pendapatan daerah diharapkan lebih akurat dan tertib. Olehkarenanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar harus benar-benar melaksanakan kontrol internal dengan baik, bukan hanya formalitas.

Baca Juga: Dewan Kalbar Muhammad Minta Gubernur Sutarmidji Serius Bangun Jalan Provinsi di Sekadau

“Dengan adanya kontrol internal, diharapkan dapat mendeteksi kesalahan atau error sejak dini, baik sistem maupun manusianya,” kata Fatahillah Abrar, belum lama ini.

Legislator Kalbar pun mengingatkan demikian lantaran sistem pengendalian penerimaan daerah masih lemah. Permasalahan terkait database tersebut tentunya harus disikapi serius.

“Jika disebabkan human error, tentu perlu menjadi perhatian serius langsung dari Gubernur untuk membenahi SDM di Pemprov Kalbar,” kata Fatahillah.

Permasalahan human error atau pada sistem di era komputerisasi ini, tambah dia, tentunya sangat memprihatinkan. Sehingga harus segera dibenahi, " katanya lagi.

Sejauh ini, peningkatan akuntabel pencatatan pajak sudah lebih baik dari sebelumnya, namun akan jauh lebih baik jika sistem yang ada bisa lebih diperkuat agar kelemahan bisa diminamilisir.

“Kita ingin sistem yang bisa melayani maksimal. Tidak hanya itu, kita juga ingin pendapatan dengan sistem kerjanya juga bisa membuat catatan yang baik saat pelaporan akhir,” ucapnya. ***

 

Tags :

Leave a comment