Tiga Desa di Ketapang Dicanangkan Jadi Desa MAPAN

19 Desember 2022 22:15 WIB
Ilustrasi

KETAPANG, insidepontianak.com - Sekda Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri sekaligus melaunching tiga desa yang akan dicanangkan menjadi Desa Mantap dan Terdepan atau Desa MAPAN, Rabu (14/12/2022).

Ketiga desa tersebut di antaranya Desa Gema Kecamatan Simpang Dua, Desa Sepotong Kecamatan Sungai Laur dan Di Desa Sekukun Kecamatan Hulu Sungai.

Dalam kesempatan itu, Sekda Alexander Wilyo menegaskan bahwa Desa MAPAN merupakan role mode pengembangan desa secara mantap dan terdepan, menuju arah kemandirian secara sosial dan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca Juga: Hari Bakti Transmigrasi ke-72 di Sungai Deden, Bupati Satono Ingin Anak Transmigran Tingkatan Daya Saing

“Desa MAPAN adalah desa yang telah memiliki tingkat perkembangan yang pesat dengan didukung oleh infrastruktur dan prasarana yang sangat memadai, regulasi dan pelayanan pemerintahan desa yang mantap,serta adanya stabilitas dan kemapanan dalam kondisi sosial ekonomi masyarakat," jelasnya.

Sekda Alexander Wilyo melanjutkan, maksud dari konsep Desa MAPAN adalah dalam rangka memberikan arah bagi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang berbasis peningkatan kesejahteraan masyarakat desa secara lebih terpadu dan fokus serta memiliki daya ungkit.

"Sedangkan tujuan dari konsep desa mapan yaitu mendorong terbentuknya kota kecil diluar ibukota kecamatan dan percepatan tingkat kemajuan dan kemandirian," tuturnya.

Baca Juga: Dewan Kalbar Irsan Minta Polisi Awasi Distribusi BBM Subsidi

Sekda Alexander Wilyo menambahkan, Desa Mapan sendiri memiliki 7 aspek. Di antaranya regulasi mapan, pelayanan mapan, infrastrutkur mapan, kesehatan mapan, pendidikan mapan, dmonomi mapan, sosial budaya dan lingkungan mapan.

Selain itu, Pemda Ketapang juga mencanangkan beberapa desa budaya di beberapa kecamatan yang telah ditentukan serta yang tak kalah pentingnya, Pemda juga akan mencanangkan penetapan dan penyerahan surat keputusan bupati tentang penetapan masyarakat hukum adat yang akan diprogres.***

Tags :

Leave a comment