Anggota DPRD Kalbar Heri Mustamin Minta Sarana Taman Publik di Kota Pontianak Diperhatikan

19 Desember 2022 22:37 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, Insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalbar Heri Mustamin mendukung penataan masif sarana publik, seperti taman kota hingga menambah jalur sepeda di Kota Pontianak.

Hasilnya, dari penataan taman kota, warga yang menghabiskan waktu di taman bersama keluarga dan teman semakin banyak.

Begitu juga dengan jalur sepeda di mana kini tingkat penggunaan sepeda di Kota Pontianak semakin hari semakin bertambah.

"Kita lihat kesadaran masyarakat Pontianak untuk bersepeda yang mulai membaik semestinya harus dibarengi dengan sarana prasarananya. Salah satunya penyediaan tempat parkir khusus sepeda," kata Herri Mustamin, belum lama ini.

Baca Juga: Dewan Kalbar Ardiansyah Apresiasi Pemkot Pontianak Tangani Kasus DBD

Katanya, jalur khusus buat pengendara sepeda sudah dibuat Pemerintah Pontianak untuk menyalurkan hobi masyarakat dan membuat tingkat kebugaran masyarakat meningkat.

"Sekarang cukup banyak pengguna sepeda di Pontianak. Ke depan setelah jalur khusus sepeda dibuat, hendaknya juga dibarengi dengan pembuatan tempat parkir sepedanya," kata Politisi Golkar ini.

Apalagi dengan giatnya Pemerintah Pontianak melakukan penataan ruang terbuka hijau saat ini. Kota yang teduh dan berkonsep membuat masyarakatnya menjadi nyaman. Sepeda bisa saja jadi salah satu transportasi pilihan masyarakat.

Terpisah, Koordinator Bike To Work Kalbar, Rudi mengatakan, jalur sepeda di Pontianak kini sudah lumayan panjang. Meski demikian dari segi keamanan pesepeda belum mendapatkan haknya secara utuh.

Baca Juga: Anggota DPRD Kalbar Herri Mustamin Ingatkan SOPD Maksimalkan Serapan Anggaran

Untuk tempat parkir sepeda yang dibangun Pemkot, setahu dia baru satu, yaitu di Jalan Gajah Mada (Taman Gajah Mada coffee street).

Sedangkan di taman kota lain belum ada parkir untuk sepeda. Begitu juga di perkantoran/pelayanan publik, Rumah Sakit, mall, pertokoan kata Rudi ada parkir sepeda.

"Sulit untuk mengembangkan kota ramah lingkungan jika fasilitas untuk pesepeda dan pejalan kaki masih minim," ucapnya. ***

Tags :

Leave a comment