Korlantas Polri Bakal Pasang Chip di Pelat Nomor Kendaraan untuk Cegah Pemalsuan

3 Januari 2023 18:54 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com- Korlantas Polri masih mematangkan rencana pemasangan chip pada pelat nomor kendaraan. Hal ini untuk mencegah penggunaan pelat nomor palsu yang kerap dilakukan pengendara demi menghindari aturan ganjil genap.

Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus mengatakan penerapan pelat nomor dengan chip ini masih belum diberlakuan di tahun ini. Saat ini kepolisan masih fokus pada penerapan pelat nomor berwarna dasar putih di seluruh wilayah Indonesia.

"Kalau untuk pelat nomor chip tahun ini belum, itu baru rencana. Nanti pelat menggunakan chip itu diterapkan setelah warna pelat sudah berjalan," ungkap Yusri dikutip dari laman NTMC Polri, Selasa (3/1/2023).

Yusri memperkirakan penerapan pelat nomor chip ini akan diberlakukan dalam beberapa tahun ke depan. Sebab, pelat dengan chip berteknologi Radio Frequency Identification atau RFID ini sudah diterapkan di sejumlah negara di dunia.

"Kami mengharapkan satu atau dua tahun lagi bisa keluar, karena butuh anggaran. Kalau ada (anggarannya), kami akan gunakan karena wacananya memang seperti itu," tuturnya.

Baca Juga: Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo dan Istri Kompak Menolak Menjadi Saksi Masing-masing

Yusri juga mengungkapkan, penggunaan chip pada pelat nomor dapat memudahkan akses data kendaraan oleh petugas ataupun melalui kamera tilang elektronik. Dengan demikian, kendaraan yang melanggar lalu lintas bisa teridentifikasi dengan cepat.

"Semua data dari kendaraan itu sudah ada semua, data kendaraan pernah kecelakaan, pernah melanggar, kena tilang berapa kali, ada semua di situ," jelasnya

Nantinya dalam penerapan pelat nomor chip ini, lanjut Yusri, Korlantas Polri akan berkolaborasi dengan sejumlah perusahaan seperti perusahaan di bidang tol, agar akses melewati pintu tol menjadi lebih mudah.

"Mudah-mudahan nanti dapat anggaran biar kami bisa wujudkan teknologinya, karena memang harus, negara lain sudah menggunakan RFID," pungkasnya.Baca Juga: Jalan Exit Tol Kaligawe Hingga Genuk Terendam Banjir, Tingga Air Capai 50 Cm

Tags :

Leave a comment