Bupati Muda Sebut PPK sebagai Penguatan Penyelenggaraan Pemilu 2024

4 Januari 2023 18:01 WIB
Ilustrasi

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri pelantikan 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 se Kabupaten Kubu Raya, di Ruang Tengkawang, Hotel Gardenia Kubu Raya, Rabu (4/1/2012). 45 anggota PPK Pemilu 2024 ini dilantik langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya Karyadi.

Bupati Muda Mahendrawan mengatakan pengambilan sumpah/janji sekaligus pelantikan 45 anggota PPK Pemilu 2024 dari sembilan kecamatan di Kubu Raya sebagai penguatan penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Kubu Raya.

"Kita optimis proses ini (perekrutan anggota PPK) dilakukan dengan baik, dan tentu mengikuti tahapan prosesnya, dan saya yakin semua sudah paham dengan tanggung jawabnya," kata Bupati Muda Mahendrawan, usai menghadiri pelantikan anggota PPK.

Baca Juga: Bupati Muda Mahendrawan Minta ASN Kubu Raya Tingkatkan Kualitas Kinerja

Bupati Muda menegaskan, PPK ini juga bagian untuk ikut menggoreskan sejarah dalam proses demokrasi, suatu momen yang sangat penting yang menghasilkan sesuatu yang menyangkut hajat hidup orang banyak ke depannya.

"Kualitas proses tentu akan menentukan juga kualitas hasilnya. Semakin waktu masyarakat Kubu Raya tentu juga semakin paham dan cerdas untuk memahami yang mereka lakukan dan mereka upayakan," kata Bupati Muda.

Sebagai anggota PPK kata Bupati Muda tentunya harus membangun suasana dan kebersamaan yang baik di masing-masing PPK baik dengan camat maupun dengan kepala desa dengan tujuan dan niat yang baik pula.

"Ikhtiarkan sesuatu itu, dengan langkah-langkah yang bisa memberikan kenyaman dan rasa kondusif, dinamika pasti ada, tetapi saya yakin semuanya akan dihadapi dengan suasana batin yang lebih baik dan kondusif," katanya.

Lebih lanjut menurut Bupati Muda, kualitas dari PPK tentu dapat dilihat dari kemaksimalan kepersertaan masyarakat sebagai pemilih pada Pemilu 2024 nanti.

"Mudah-mudahan partisipasi pemilih bisa terus meningkat, dari 70 persen menjadi minimal 80 persen. Anggota PPK bersama anggota PPS nanti dorong betul-betul partisipasi pemilih ini," tutur Bupati Muda.

Baca Juga: Ahok Kubu Raya Nilai Anggota Dewan Merakyat Ketika akan Pemilu Saja

Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya Karyadi mengatakan seluruh anggota PPK Pemilu 2024 Kabupaten Kubu Raya sejumlah 45 orang telah menjalani semua tahapan seleksi, yakni mulai dari pendaftaran melalui Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA).

"Setelah itu dilaksanakan tes tertulis dengan sistem CAT dilanjutkan dengan tes wawancara, maka didapatilah 5 terbaik dari tiap kecamatan," ujar Karyadi.

Karyadi mengatakan, tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan kepada anggota PPK tentu menjadi tanggung jawab besar bagi anggota PPK untuk dijalankan sesuai dengan komitmen.

"Kami yakin dengan komitmen ini, PPK ini adalah orang-orang yang mempunyai integritas, kerja yang profesionalitas dan loyalitas tanpa batas," tutur Karyadi.

Baca Juga: Sering Disebut Mirip Ahok, Pria di Kubu Raya Ini Berencana Nyaleg di 2024

Tags :

Leave a comment