Muscab IKA PMII Singkawang, Alumni Harus Siap Berkompetisi

7 Januari 2023 12:37 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com - Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia atau IKA PMII Singkawang menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) I pada Sabtu (7/1/2023).

Muscab IKA PMII Singkawang yang digelar di Hotel Sinka SMK Negeri 3 Singkawang ini, mengusung tema Satu Barisan Memperkokoh Basis Pergerakan di Kota Tertoleran.

Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) IKA PMII Kalbar Didi Darmadi menyampaikan bahwa saat ini IKA-PMII Kalbar mengonsolidasi alumni-alumni PMII yang berada di berbagai jalur profesi hingga praktisi agar berjejaring. Sebab, lewat ruang itulah alumni-alumni PMII bisa melanjutkan kontribusi positifnya agar mengakar kuat dengan masyarakat.

Baca Juga: Rekor Tertinggi Pemkot Pontianak, PAD Tembus Rp536 Miliar

"Kami dari PW IKA-PMII Kalbar berharap Muscab Singkawang ini dapat menyatukan barisan sebagaimana tema yang diusung. Semoga dari forum alumni ini ke depan bisa menjadi barometer terhadap kebutuhan-kebutuhan jalur profesi maupun praktisi yang itu akan diisi alumni-alumni PMII," kata Didi.

Didi menuturkan, IKA-PMII mesti dirancang seapik mungkin, agar seluruh elemen kader bisa memberdayakan ilmu dan potensinya sesuai kapasitas dan kualitasnya masing-masing.

"PMII adalah organisasi kemahasiswaan yang karakternya bergerak. Karena itu dinamakan pergerakan. Hari ini siapa yang bergerak dan siap berkompetisi dengan kompetensi dialah yang berhasil,” kata Didi.

Baca Juga: Terima Empat Penghargaan, Kajati Kalbar: Kinerja di 2023 Harus Lebih Optimal

Alumni PMII asal Singkawang Safari Hamzah mengajak seluruh kader dan alumni PMII untuk bersama mendukung kader maupun alumni yang memiliki kompetensi.

Tidak sekadar berkompetisi, kata Safari, dukungan itu harus di kader dan alumni lainnya untuk mengantarkan kader yang memiliki kompetensi.

"Utamakan peningkatan kompetensi diri. Jadi mau diadu di mana pun, kader harus siap. Sehingga kompetensi ini bisa dikompetisikan. Dalam situasi dan keadaan apapun," kata Safari.

Baca Juga: Lantik Pejabat Eselon, Edi Kamtono: Pejabat Harus Menggali Potensi Perubahan dan Berinovasi

"Tema yang diusung sudah sesuai. Kader yang punya potensi, kita harus siap satu barisan untuk bersama mengantarkan kader-kader yang punya potensi," tutur Safari.

Kegiatan dihadiri para alumni dari berbagai angkatan, pengurus NU, Muslimat NU, dan Badan Otonom NU. Muscab I juga untuk memilih ketua dan pembentukan pengurus PC IKA-PMII Kota Singkawang.***

Tags :

Leave a comment