Resep Lebaran 2024: Yuk Buat Menu Khas Tionghoa, Jadikan Hari Raya Makin Berkesan

11 April 2024 14:09 WIB
menu lebaran khas peranakan/masakapahariini

PONTIANAK, insidepontianak.com - Hari raya Idul Fitri tiba, pastinya menu kuliner ingin beda bukan? Nah mimin akan membagikan menu lebaran khas peranakan Tionghoa. 

Seperti diketahui masyarakat Tionghoa punya banyak menu kuliner dari daratan Tiongkok, Cina. Ketika datang ke Indonesia membawa banyak menu lezat khas mereka. 

Berikut menu lebaran 2024 khas peranakan Tionghoa yang bisa disajikan dalam momen kemenangan ini. Umumnya, tidak menggunakan santan tapi sejumlah resep dan bahan khusus. 

Menu peranakan Tionghoa sangat mudah ditemukan di tanah air, nah ini bisa jadi menu resep hari raya bagi keluarga muslim di Indonesia, yuk catat!

1. Ayam Sioh Taoco

Ayam sioh tauco bisa jadi pilihan menu arisan khas Peranakan yang lezat. (Foto: MAHI)
Untuk menyempurnakan sajian protein pada menu arisan, hidangkan Ayam Sioh Taoco khas peranakan.

Makanan ini sudah populer terlebih dahulu di Malaysia. Cita rasanya unik dengan perpaduan bumbu taoco, asam jawa dan ketumbar.

Permainan rasa asin, manis, dan gurih dari Ayam Sioh Taoco akan memberikan pengalaman berbeda untuk para tamu arisan yang hadir.

Makanan ini juga tidak pedas dan bisa disantap anak-anak. Membuat Ayam Sioh Tauco membutuhkan waktu yang cukup lama agar teksturnya empuk, yaitu sekitar 1,5 jam.

2. Daging Sapi Lada Hitam

Daging sapi lada hitam sering jadi favorit di restoran Chinese. Lada hitam atau black pepper sebenarnya tidak terlalu lazim dipakai oleh Tiongkok, kecuali di daerah Sichuan yang populer dengan makanan pedas. Hal ini yang membuat daging sapi lada hitam menjadi unik dan mendunia.

Resep Daging Sapi Lada Hitam mudah sekali untuk dibuat di rumah. Agar rasanya semakin kaya, pilih dua jenis paprika untuk mengolahnya. Paduan lada hitam yang gurih dan pedas akan menyatu dengan segarnya paprika.

3. Siomay

Tak lengkap rasanya jika arisan berlangsung tanpa kegiatan snacking. Siomay menjadi salah satu makanan peranakan yang popularitasnya tak bisa diragukan lagi. Ingin menyajikan siomay yang berbeda dan lebih hemat? Kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Membuat Siomay juga relatif mudah dan kita bisa menciptakannya sendiri di rumah. Tidak banyak bahan dan alat yang dibutuhkan.

Begitupun dengan saus kacangnya yang khas. Gunakan Bango Kecap Manis pada olahan saus kacangnya, agar rasa siomay lebih lezat.

4. Capcay Jamur Shimeji

Salah satu masakan peranakan yang paling populer adalah capcay. Hidangan ini sangat cocok dijadikan menu arisan.

Dulu, banyak orang yang mengira capcay memiliki arti 10 sayuran. Namun, sebenarnya capcay tidak harus terdiri dari 10 sayuran. Kita juga memiliki kebebasan untuk memilih sayuran pada hidangan ini.

Cobalah berimprovisasi dengan memilih sayuran yang jarang digunakan seperti jamur shimeji dalam Capcay Jamur Shimeji. Jamur ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya tidak dominan, cocok disandingkan dengan sayuran lain.

5. Fuyunghai Asam Manis

Fuyunghai juga bisa menjadi pelengkap menu arisan yang sulit ditolak. Makanan berbahan utama telur ini memiliki bentuk yang berbeda dari telur dadar lainnya. Terdapat beberapa protein dan sayuran di dalamnya yang membuat rasa fuyunghai begitu disukai.

Fuyunghai Asam Manis selalu berjodoh dengan saus asam manis yang membuat rasanya semakin sedap. Tentu saja membuat sausnya tak bisa sembarangan. Untuk memberikan rasa manis dan gurih pada saus, jangan lupa tambahkan Bango Kecap Manis.

Itu tadi 5 resep lebaran 2024 dengan tema peranakan yang bisa bunda ikuti. Selamat mencoba! (REDAKSI)

 

Leave a comment