Dewan Pontianak Yandi Desak Pemkot Serius Tangani Persoalan Banjir

27 Maret 2024 22:20 WIB
Anggota DPRD Kota Pontianak, Yandi. (Dok IP)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kota Pontianak, Yandi meminta Pemerintah Kota Pontianak serius tangani persoalan banjir. Sebab, selalu menjadi masalah yang berulang dan tak kunjung ada solusi. 

Seperti yang terjadi hari ini, Rabu (27/3/2024) sore hingga malam. Sejumlah jalan protokol seperti Jalan Ahmad Yani, Sutoyo, Purnama dan Jalan Prof M Yamin kebanjiran, akibat hujan deras mengguyur. 

Menurut Yandi, banjir ini menjadi tanda drainase dan parit-parit yang ada tak berfungsi maksimal mengalirkan air. Sehingga bila hujan deras terjadi, banjir pun melanda.

"Makanya kita minta pemerintah serius tata drainase ini. Biar tak ada genangan. Digenahkan dan ditangani," pinta Yandi, Rabu (27/3/2024). 

Legislator Hanura ini mengatakan, mestinya persoalan banjir yang berulang tersebut dicarikan solusi untuk diatasi. Salah satunya dengan penataan drainase dan normalisasi. 

Karena itu, Dinas PUPR diminta melakukan evaluasi pascabanjir hari ini. Ia mendorong agar ada peta kawasan rawan untuk dilakukan pemetaan. 

"Bagaimana tata kelola kalau hujan deras, dan air pasang. Harus punya kebijakan ke arah itu," ujarnya. 

Jika cara konvensional tak bisa digunakan untuk atasi masalah banjir, maka Pemerintah diminta tak pasrah. Harus ada inovasi dengan pemanfaatan teknologi, dan membuat kajian menggandeng ahli.  

"Kita punya ahli, libatkan mereka. Yang jelas harus ada solusi, jangan (red, banjir) berulang-ulang tanpa solusi," ucapnya mengingatkan.(Andi)***

Leave a comment