Unisma dan Kampus Malaysia Lanjutkan Kerja Sama Program MBKM

24 April 2024 15:28 WIB
Unisma dan Kampus Malaysia lanjutkan kerja sama program MBKM. (Istimewa)

MALANG, insidepontianak.com - Rektor Unisma, Prof Maskuri, kembali membuat gebrakan akademis menjalin kerja sama dengan kampus-kampus kelas dunia di Malaysia.

Prof maskuri yang juga ketua Asosiasi Pascasarjana Islam Swasta se Indonesia (APAISI) berhasil perpanjang kerja sama dengan Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia dan Thailand untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menuju World University Ranking.

“Tujuannya program ini melakukan lompatan kuantum, menguatkan international mobility dan pengabdian masyarakat bagi Unisma bersama kampus lainnya,” ucapnya, Rabu (24/4/2024).

Dalam lawatan ke Kembetiran Pendidikan Tinggi Malaysia, Prof Maskuri bersama rombongan 10 pejabat pascasarjana Unisma, turut mengunjungi Kedutaan Besar Indonesia.

Kunjungan juga meliputi beberapa tempat penting yaitu Ministry of Higher Education of Malaysia, Kedutaan Besar Republik Indonesia, Pesantren Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universitas Rajamanggala, dan Thai Global Business Administration Technological College.

“Kami berdiskusi tentang pentingnya kerja sama yang harus dibuktikan dengan kolaborasi antardosen, baik pengajaran, penulisan buku, artikel jurnal dan seminar internasional,” katanya.

Sebagai penegasan dari proyeksi program yang digagas itu, maka dalam diskusi tingkat tinggi ada topik evaluasi strategi kerj asama.

“Tindak lanjut MoU pendidikan dengan Universitas Kebangsaan Malaysia tidak harus ditandai dengan tanda tangan, tetapi bisa program duluan yang jalan,” ucap Dekan Fakultas Pegajian Islam UKM, Profesor Ahmad Sunawari Long.***


Penulis : Muhammad Fauzi
Editor : -

Leave a comment