Jokowi Serahkan Bantuan Cadangan Beras di Singkawang

20 Maret 2024 19:27 WIB
Presiden Joko Widodo saat menyerahkan Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Pemerintah.

SINGKAWANG, insidepontianak.com - Kunjungan Kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kalimantan Barat salah satunya menyampaikan Implementasi Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Pemerintah.

Penyaluran tersebut dilakukan Jokowi didampingi Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson yang diserahkan kepada masyarakat di Komplek Pergudangan Bulog Kota Singkawang, Rabu (20/3/2024).

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah akan terus mengumpulkan ketersediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk memastikan kelangsungan program bantuan pangan, yang sampai saat ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Nanti setelah Juni saya akan lihat lagi APBN kita ada anggaran atau tidak. Kalau ada akan diteruskan, tapi enggak janji, belum janji saya. Saya akan buka dulu supaya nanti bisa diteruskan sampai Desember. Tapi sekali lagi, dilihat dulu anggarannya ada atau tidak, ujar Presiden.

Ayu, salah satu penerima bantuan, mengaku sangat bersyukur atas bantuan pangan yang diberikan pemerintah. Menurut Ayu, bantuan tersebut sangat membantu kebutuhan keluarganya sehari-hari.

"Senang banget. Alhamdulillah sangat membantu untuk kenaikan harga pangan seperti sekarang harga beras kan lumayan tinggi harganya, jadi adanya bantuan ini sangat membantu untuk kebutuhan rumah tangga saya dan suami," ungkap Ayu.

Senada, Maswah, warga lainnya, juga tak kuasa menahan air mata saat mengungkapkan bagaimana bantuan ini meringankan beban hidupnya. Ia pun berharap bantuan tersebut dapat terus dilanjutkan.

“Sangat-sangat berharap dilanjutkan (bantuannya) karena ini sangat membantu kami dan kami pun sangat meremehkan,” ucap Maswah haru.

Sementara itu, Paijan, seorang kuli bangunan mengaku sangat antusias untuk bertemu dan bersalaman dengan Presiden Jokowi. Ia juga mengatakan bantuan pangan tersebut sangat membantu penghasilannya yang tidak menuntu.

“Bagi keluarga macam kami tentu cukup terbantu karena penghasilan kami kan tidak tetap, kadang hadir, kadang tidak, dengan adanya bantuan kan merasa terbantu,” tutur Paijan.

Kegiatan penyampaian bantuan pangan ini menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk membantu mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu.

Diharapkan, program bantuan pangan ini juga akan terus berlanjut, membawa dampak positif bagi lebih banyak masyarakat di masa yang akan datang.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan ini adalah Ketua Komisi V DPR RI Lassarus, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi dan Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro. ***

Leave a comment