Hanura Rekomendasikan Suib Cawagub Kalbar, Duet Muda-Tanjung Ambyar?

23 Mei 2024 19:29 WIB
Suib menerima rekomendasi Hanura sebagai bakal calon wakil gubernur Kalbar 2024, Kamis (23/5/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Peta politik jelang pemilihan gubernur atau Pilgub Kalbar 2024 yang akan dihelat pada November mendatang kian dinamis.

Setelah sebelumnya Sutarmidji-Ria Norsan menyatakan sikap kembali bersama, kini duet Muda-Tanjung terancam tak berlayar di Pilgub Kalbar.

Sebabnya, Suyanto Tanjung yang juga Ketua DPD Hanura Kalbar, justru tak mendapat rekomendasi partainya untuk mendampingi Muda sebagai bakal calon wakil gubernur.

Adapun Hanura justru merekomendasikan Suib untuk maju menjadi bakal calon wakil gubernur Kalbar.

Suib merupakan ketua Bapilu DPD Hanura Kalbar, dan kini menjabat sebagai anggota DPRD Kalbar. 

Rekomendasi sebagai calon wakil gubernur ini diserahkan Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Oedang di Jakarta, Kamis 23 Mei 2024, secara serentak se-Indonesia kepada seluruh bakal calon kepala daerah yang akan diusung Hanura.

Tanjung Masih Optimis

Suyanto Tanjung membenarkan DPP Hanura telah memberikan rekomendasi kepada sejumlah nama bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Kalbar.

Mereka yang diberikan rekomendasi adalah, Sutarmidji, Ria Norsan, Lasarus dan Muda Mahendrawan sebagai bakal calon gubernur.

Sementara, untuk bakal calon wakil gubernur, Hanura memberikan rekomendasi kepada Suib, Alexius Akim dan mantan Danrem 121/Abw/Mayjen (Purn) TNI, Ronny.

"Mereka yang direkomendasikan ini yang mendaftar ke Hanura. Kalau saya memang tak daftar. Kalau saya daftar pasti dapat rekomendasi," klaim Tanjung.

Ia pun mengaku, tak berencana maju di Pilgub Kalbar. Namun, belakangan ia diajak Muda Mahendrawan sebagai wakil untuk maju lewat jalur independent atau perseorangan.

Ajakan itu diterima. Muda-Tanjung sempat mendaftar ke KPU Kalbar, dengan membawa sejumlah persyaratan jalur independent.

Tetapi, setelah beberapa hari, Muda justru mengundurkan diri, dan berubah Haluan akan mencalonkan diri lewat partai politik.

Tanjung tetap optimis, akan berlayar bersama Muda menuju Pilgub Kalbar, dan meyakini masih berpeluang meraih tiket Hanura. Sebab, rekomendasi yang diberikan kepada Suib, dipahami belum bersifat final.

Terlebih kata Tanjung, pasangannya Muda Mahendrawan menjadi salah satu kandidat yang diberi rekomendasi partai Hanura.

"Artinya DPP melihat semua calon kepala daerah baik. Yang mana akan dipilih menjadi hak DPP," ucapnya.

Karena itu, Tanjung menegaskan, terus mempersiapkan diri sebagai calon wakil gubernur untuk mendampingi Muda.

"Tentu harapan kita, partai kita juga mendukung," harapnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment