Pj Ketua Pembina Posyandu Kubu Raya: Posyandu Ujung Tombak Pembangunan

10 Mei 2024 12:05 WIB
Pj Ketua Pembina Posyandu Kubu Raya Ida Nurul Aini Kamaruzaman

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Keberadaan posyandu tidak hanya menangani imunisasi bayi, penimbangan balita, dan pemeriksaan ibu hamil.

Pj Ketua Pembina Posyandu Kubu Raya Ida Nurul Aini Kamaruzaman mengatakan posyandu telah terintegrasi dengan layanan sosial dasar lainnya.

Sinergisitas enam standar pelayanan minimal, seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat serta sosial. 

Peran posyandu diakui Pj Ketua Pembina Posyandu Kubu Raya Ida Nurul Aini Kamaruzaman sangat penting dan menjadi ujung tombak pembangunan terutama di desa. 

"Posyandu saat ini tidak hanya berperan sebagai objek pembangunan, tetapi merupakan entitas mitra pemerintah desa dalam mendukung pembangunan yang sejalan dengan semangat otonom desa,” jelasnya.

Mencapai tujuan tersebut, harus dilakukan pembinaan dan sinergisitas posyandu.

"Juga penting untuk melakukan optimalisasi peran posyandu melalui perangkat daerah yang menangani pemberdayaan masyarakat," terangnya.

Perangkat daerah terkait lainnya juga harus proaktif turun langsung ke lapangan bersama dengan PKK dalam melakukan pembinaan posyandu. 

Pj Ketua Pembina Posyandu Kubu Raya Ida Nurul Aini Kamaruzaman berharap agar ketua pembina posyandu kecamatan yang telah dikukuhkan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Dan mampu memberdayakan masyarakat khususnya dalam percepatan penurunan stunting dan kematian bayi dan ibu melahirkan,” tutupnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : -

Leave a comment