Peringatan Hardiknas, Pemkab Sanggau Terus Benahi Kulaitas Pendidikan

2 Mei 2024 12:30 WIB
Pemerintah Kabupaten Sanggau menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan mengusung tema "Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar".

SANGGAU, insidepontianak.com -- Pemerintah Kabupaten Sanggau menggelar upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan mengusung tema "Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar". 

Upacara Hardiknas dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Sanggau, pada Kamis (2/5/2024) pagi. 

Sekda Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka bertugas sebagai Pembina Upacara yang diikuti seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Sekolah se-Kabupaten Sanggau, siswa-siswi SD, SMP, SMA dan tamu undangan dengan mengenakan busana adat nusantara.

Kukuh Triyatmaka menyampaikan pendidikan di Pemkab Sanggau itu masih banyak tantangan. 

Utamanya terkait sarana dan prasarana pendidikan dasar di Kecamatan dan Desa. 

"Dalam hal ini kita sudah berupaya dalam tingkat pendidikan dasar mulai dari PAUD, SD dan SMP di semua wilayah kecamatan atau pedesaan semua kita fasilitasi sehingga nantinya anak anak kita dapat diberikan peluang dan ruang untuk mengikuti pendidikan yang lebih baik," kata Kukuh Triyatmaka.

Kemudian kata Kukuh, upaya pembenahan pendidikan tidak hanya soal infrastruktur, namun harus dibarengi dengan semangat dan motivasi belajar anak yang harus dikuatkan. 

Hal itu tentu peran keluarga dan orang tua sangat lah penting.

"Harapan kita dan anak anak kita mempunyai peluang untuk ke depan lebih maju lagi. Sepintar apa pun kita, pendidikan karakter, agama, sifat dan moral sangat penting. Karakter yang baik harus dimiliki siswa-siswi di Sanggau," ungkapnya.

Lanjut Kukuh, pembenahan kualitas pendidikan hingga saat masih jadi prioritas pemerintah. Tentunya untuk menghasilkan generasi yang berkualitas dimasa depan.

"Pengelolaan pendidikan ini dapat meningkatkan nilai sumber daya manusia di Sanggau ini," tambahnya.

Oleh karena itu, Sekda Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka mengajak semua pihak untuk dan insan pendidik untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar yang cerdas, berkarakter dan membawa indonesia mewujudkan generasi emas 2045.

"Semoga pendidikan di Indonesia khususnya Pemkab Sanggau semakin maju," pungkasnya. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment